Info Feed

General Sherman: Mengenal Organisme Hidup Terbesar di Dunia

General Sherman

Sayaajarkan – Tahukah kamu, siapa organisme hidup terbesar di dunia? Jawabannya adalah Pohon Sequoia. Beberapa pohon ini mampu tumbuh hingga 91 meter dan berdiameter hingga 6 meter.

Perihal habitatnya, pohon sequoia raksasa membutuhkan iklim yang spesifik. Saking spesifiknya, ia hanya bisa tumbuh secara alami di antara hutan konifer di sisi barat pegunungan Sierra Nevada, di ketinggian 1.500 – 2.000 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Meski pertumbuhannya cepat, umur pohon sequoia mampu mencapai 3.000 tahun. Cabang-cabangnya berdiameter hingga 2,5 meter, dan tebal kulitnya bisa sampai 90 cm.

Di Taman Nasional Sequoia, California, Amerika Serikat, ada satu pohon Sequoia raksasa yang diberi nama General Sherman (Jenderal Sherman). Pohonnya diperkirakan berusia 2.200 tahun serta memiliki volume badan 1487 m³ yang membuatnya menjadi pohon terbesar di dunia.

Seperti dikutip dari visitcalifornia.com, Taman Nasional Sequoia sendiri dibentuk pada tahun 1890 dan juga dikenal sebagai lokasi dari Gunung Whitney, salah satu titik tertinggi di 48 negara bagian Amerika Serikat.

Keterangan detail mengenai pohon General Sherman. Credit photo: monumentaltrees.com
Keterangan detail mengenai pohon General Sherman. Credit photo: monumentaltrees.com

Asal Nama General Sherman

Nama General Sherman diberikan pada 1879. Namanya diambil dari seorang pimpinan Perang Saudara Amerika, Jenderal William Tecumseh Sherman.

Yang memberi nama adalah seorang naturalis James Wolverton yang pernah bertugas sebagai Letnan di bawah komando Sherman pada Kavaleri Indiana kesembilan.

Menurut monumentaltrees.com, General Sherman dan beberapa pohon sequoia lainnya telah ribuan tahun bertahan dari api, perubahan iklim, hingga di kini di era modern.

Pohon Sequoia pernah Ditebang di 1870-an

Pohon-pohon sequoia pernah ditebang untuk industri kayu pada 1870-an. Namun kayunya rapuh dan tidak bagus dibuat rumah maupun untuk keperluan industri. Kenyataan ini secara tak langsung membawa keuntungan tersendiri bagi keberadaan sequioa. Karena sebagian besar habitatnya jadi terlindungi dari resiko kepunahan.

ilustrasi ketinggian pohon sequoia. Credit photo: Vicente Villamón/flickr
ilustrasi ketinggian pohon sequoia. Credit photo: Vicente Villamón/flickr

Maklum, pohon General Sherman memproduksi hanya satu keturunan selama ribuan tahun hidupnya.

Berbicara soal ketinggian, tinggi pohon General Sherman mencapai 83 meter. Namun demikian, pohon ini bukanlah yang tertinggi. Rekor pohon tertinggi di dunia masih dipegang oleh sepupunya, Hyperion Tree (redwood pesisir) yang tingginya mencapai 115 m, 22,2 meter lebih tinggi dari Patung Liberty.

Gambaran ketinggian Hyperion tree. Credit photo: iltwmt.co
Gambaran ketinggian Hyperion tree. Credit photo: iltwmt.com

Bagaimana? Ada yang tertarik traveling ke Taman Nasional Sequoia untuk melihatnya?

Anyways, kalau kalian memiliki tutorial, tips, serta info-info lain yang tak kalah seru, jangan lupa beritahu kami, ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x