Info Feed

Cara Mendaftar CPNS 2019 Dengan Benar

Sayaajarkan – Proses pendaftaran CPNS Online 2019 harus dilakukan melalui situs https://sscn.bkn.go.id yang merupakan sistus resmi milik Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pada situs tersebut juga disediakan informasi mengenai lowongan CPNS terbaru yang disesuaikan berdasarkan pendidikan, jabatan, instansi, dan lokasi formasi. Selain itu, tersedia pula beragam informasi lainnya seputar penerimaan CPNS, seperti layanan Call Center, Helpdesk, dan menu registrasi CPNS.

SSCASN BKN-RI
Credit Photo: sscasn.bkn.go.id

Membuat Akun SSCN

Langkah selanjutnya setelah kamu berhasil masuk ke halaman tersebut, maka kamu harus membuat akun SSCN agar bisa mendaftar menjadi CPNS. Adapun caranya kamu tinggal memilih menu registrasi atau mengujungi link https://sscnakun.bkn.go.id/akun. Di sini kamu akan diminta memasukkan data-data pribadi kamu dari mulai NIK, KK, hingga alamat email. Kamu juga akan diminta membuat kode keamanan untuk kamu gunakan saat login nantinya.

Apabila semua langkah sudah kamu ikuti dengan benar, maka selanjutnya kamu tinggal mencetak Kartu Informasi Akun SSCN. Kartu ini wajib kamu cetak karena merupakan persyaratan dalam tahap selanjutnya dimana kamu perlu mengupload foto diri sambil memegang Kartu Identitas (KTP/Surat Keterangan) dan Kartu Informasi Akun SSCN. Setelahnya jangan dikira sudah selesai ya.

Contoh Foto Diri Sambil Memegang Kartu Identitas (KTP/Surat Keterangan) dan Kartu Informasi Akun SSCN
Credit Photo: gurumaju.com

Mendaftar Dan Seleksi Administrasi CPNS 2019

Tahap selanjutnya kamu harus melakukan login menggunakan NIK dan Password yang tadi telah kamu daftarkan. Di sini kamu akan diminta kembali mengisi data diri secara detail, Memilih Instansi dan jabatan yang diinginkan sesuai kompetensi, serta mengupload semua dokumen sesuai dengan yang disyaratkan (termasuk foto diri sambil memegang Kartu Identitas (KTP/Surat Keterangan) dan Kartu Informasi Akun SSCN). Pastikan semua dokumen yang kamu upload dapat terbaca dengan jelas, dimana kamu dapat mengunggah file dengan ukuran sebagai berikut:

  • KTP maksimal 200 kb (JPEG/JPG)
  • Pas Foto dengan background merah yang memiliki ukuran maksimal 200 kb (JPEG/JPG)
  • Surat Lamaran maksimal 300 kb (JPEG/JPG)
  • Ijazah 700 kb (PDF)
  • Transkrip Nilai maksimal 500 kb (PDF)
  • Dokumen lainnya maksimal 700 kb (PDF).

Setelah semua dokumen terupload ada baiknya kamu melakukan pengecekan ulang. Pastikan semua data sudah dimasukan dengan benar dan sesuai tempatnya. Karena banyaknya dokumen yang di upload, ada saja kejadian tertukar posisi seperti kolom upload Ijasah justru diisi dengan transkrip atau sejenisnya. Pasalnya dokumen yang sudah diupload tidak dapat diupload ulang ketika kamu sudah menyatakan menyelesaikan proses pendaftaran. Jadi kamu harus berhati-hati dan teliti saat mengunggah dokumen yang diperlukan. Jangan sampai kesalahan minor menghentikan langkahmu.

Apabila kamu sudah yakin semua data yang dimasukan sudah benar, maka langkah selanjutnya tinggal mencetak Kartu Pendaftaran SSCN. Kartu tersebut akan digunakan saat mengikuti tes CAT (Computer Assisted Tes) apabila dinyatakan lolos seleksi adminstrasi.

Sampai disini, bisa dikatakan proses pendaftaran CPNS 2019 sudah selesai. Selanjutnya kamu tinggal menunggu hasil tes seleksi adminstrasi yang dilakukan oleh tim SSCN.

Selamat Mendaftar

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x