Food

Mengenal Anggur Jan Ethes, Anggur Varietas Unggul Calon Idola Baru Para Pencinta Buah

Sayaajarkan – Anggur Jan Ethes merupakan anggur varietas baru. Adapun Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang memberi nama varietas anggur baru hasil inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian dengan nama “Jan Ethes SP1”. Pemberian nama tersebut terjadi dalam acara Pencanangan Gerakan Nasional Pengembangan Mangga dan Anggur sebagai rangkaian acara Pekan Inovasi Mangga Nasional.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo
Credit Photo: money.kompas.com

Anggur Jan Ethes memiliki karakteristik cita rasa manis dan segar, dengan tekstur daging buah yang krispi dan tidak terlalu berair. “Pas sekali, sama seperti Jan Ethes, cucu pertama Presiden Jokowi. Melihatnya saja kita dibikin tersenyum dan bahagia. Anggur Jan Ethes ini pun begitu, begitu dicicipi rasa manisnya bikin kita tersenyum dan bahagia,” ungkap Syahrul.

Varietas anggur baru yang dikembangkan oleh Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), Badan Litbang Pertanian tersebut tidak hanya memiliki tekstur yang disukai banyak kalangan, namun anggur tersebut juga cenderung tidak mudah rontok, sehingga dapat disimpan selama tujuh hari setelah panen pada suhu ruang, dan pada ruang pendingin dapat bertahan hingga 14 hari. Keunggulan lainnya adalah produktivitasnya yang mencapai 25 kilogram per tanaman, per tahun.

kedepannya Anggur ini akan terus dikembangkan dengan harapan dapat meningkatkan produksi anggur dalam negeri dan menjadi produk buah unggulan baru Indonesia, serta mampu memenuhi kebutuhan anggur konsumsi dengan kualitas yang dapat bersaing dengan anggur impor.

Pemilihan nama ini sangat strategis kendati tetap punya muatan politis. Namun Revolusi Industri 4.0 memang sangat mengedepankan branding produk agar dapat dikenal luas oleh masyarakat. Dengan menamainya dengan nama cucu presiden, tentunya anggur ini bakal jadi bahan pemberitaan berbagai media yang otomatis membuat orang penasaran untuk mencobanya. Kamu mau?

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top