Info Feed

Profil Singkat 9 Watimpres Presiden Jokowi

Sayaajarkan Presiden Jokowi baru saja mengangkat 9 orang sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres). Siapa saja mereka? Berikut ini sayaajarkan rangkum buat kamu, profil singkat 9 orang Watimpres Presiden Jokowi untuk masa jabatan 2019-2024.

Agung Laksono

Agung Laksono
Credit Photo: nasional.tempo.co

Agung Laksono lahir pada 23 Maret 1949 di Semarang, Jawa Tengah. Agung merupakan politisi senior Partai Golkar yang sempat menjabat sebagai Mentri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) di akhir pemerintahan Presiden Soeharto. Agung juga pernah menjadi anggota DPR-RI periode 1999-2004 dan kemudian menjadi Ketua DPR-RI di periode 2004-2009 menggantikan Akbar Tandjung. Agung juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) periode 2009-2014 pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Arifin Panigoro

Arifin Panigoro
Credit Photo: finansialku.com

Arifin Panigoro pada 14 Maret 1945 di Bandung, Jawa Barat. Arifin merupakan pendiri PT Medco Energi Internasional Tbk. yang bergerak di bidang pertambangan minyak dan gas bumi. Selain aktif di dunia usaha, lulusan Teknik Elektro ITB tahun 1973 ini juga aktif di dunia politik dan olah raga. Arifin sempat menjadi anggota DPR-RI dari fraksi PDIP. Di dunia olahraga sepak bola, Arifin termasuk salah satu penggagas Liga Primer Indonesia (LPI).

Habib Luthfi bin Yahya

Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya
Credit Photo: ltnnujabar.or.id

Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya lahir pada 10 November tahun 1947 di kota Pekalongan, Jawa Tengah. Ibunya merupakan seorang Syarifah (gelar untuk perempuan yang bernasab Rasulullah), yang bernama Sayidah al-Karimah Syarifah Nur binti Sayyid Muhsin Maula Khilah. Sedangkan ayahnya bernama al Habib al Hafidz Ali al Ghalib.

Habib Luthfi dikenal sebagai ulama kharismatik. Ia telah mendirikan ribuan sekolah dan masjid di seluruh Indonesia dan memiliki jutaan pengikut. Selain menjadi pendakwah, Habib Luthfi juga menjabat sebagai Ketua MUI Jawa Tengah.

Muhamad Mardiono

Muhammad Mardiono
Credit Photo: news.detik.com

Muhammad Mardiono adalah seorang pengusaha pengusaha yang bergerak di bidang logistik dengan bendera PT Buana Centra Swakarsa (BCS) dan juga merupakan politisi senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Mardiono pernah menjabata sebagai Ketua DPW PPP Provinisi Banten. Ia juga sempat menjabat sebagai Waketum PPP.

Putri Kuswisnu Wardani

Putri Kuswisnu Wardani
Credit Photo: tribunnewswiki.com

Putri Kuswisnu Wardani lahir pada 20 September 1959. Dia merupakan putri Mooryati Soedibyo, pendiri dan perintis PT Mustika Ratu. Putri merupakan lulusan Master of Business Administration (MBA) di National University, Inglewood, California dan merupakan Komisaris Utama PT Mustika Ratu. Selain itu, Putri juga memimpin Yayasan Putri Indonesia. Putri Kuswisnuwardani merupakan satu-satunya perempuan di jajaran anggota Wantimpres 2019-2024

Sidarto Danusubroto

Sidarto Danusubroto
Credit Photo: jpnn.com

Sidarto Danusubroto lahir pada 11 Juni 1936 di Pandeglang, Banten. Sidarto merupakan purnawirawan jenderal polisi dengan pangkat terakhir Inspektur Jenderal (Irjen). Jabatan terakhirnya di Korps Bhayangkara yaitu Kapolda Jawa Barat periode tahun 1988-1991. Usai tak aktif di kepolisian, Sidarto terjun ke dunia politik dengan bergabung bersama PDIP. Sidarto pernah duduk di kursi parlemen selama kurang lebih 15 tahun dan kemudian terpilih menjadi Ketua MPR pada 8 Juli 2013 hingga 1 Oktober 2014 menggantikan Taufiq Kiemas. Pada 19 Januari 2015, Sidarto dipilih menjadi salah satu anggota Wantimpres dan kini Sidarto kembali dipilih menjadi Anggota Wantimpres 2019-2024.

Soekarwo

Soekarwo
Credit Photo: berita.news

Soekarno atau akrab disapa Pakdhe Karwo lahir pada 16 Juni 1950 di Madiun, Jawa Timur. Soekarwo menyelesaikan kuliah S1 dan S2 di Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) dan S3 di Universitas Diponegoro (Undip). Soekarwo memulai karirnya sebagai seorang birokrat. Dia pernah menjabat sebagai Kepala Cabang Dinas Pendapatan Surabaya Selatan, Kepala Subdinas Perbankan, Dinas Pendapatan Surabaya, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Tingkat I Jatim, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jatim dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur. Dia juga sempat menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Jatim pada tahun 2005.

Soekarwo terjun ke dunia politik dengan bergabung bersama Partai Demokrat. Soekarwo kemudian terpilih sebagai Gubernur Jatim selama dua periode, yakni periode 2009-2014 dan 2014-2019. Selama kepemimpinannya, Soekarwo berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur sebesar 5,18 persen di kuartal I pada 2015 melebihi rata-rata nasional sebesar 4,71 persen.

Dato Sri Tahir

Dato Sri Tahir
Credit Photo: tribunnews.com

Dato Sri Tahir lahir pada 26 Maret 1952 di Surabaya, Jawa Timur. Tahir merupakan pemilik sekaligus pendiri Mayapada Grup. Tahir merupakan pengusaha sukses yang masuk dalam daftar jajaran orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan senilai 4,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 67,2 triliun. Selain dikenal dengan sebagai seorang pengusaha, Tahir juga terkenal akan kedermawanannya.

Wiranto

Wiranto
Credit Photo: theconversation.com

Wiranto lahir pada 4 April 1947 di Kota Yogyakarta, DIY. Wiranto merupakan purnawirawan Jenderal TNI dengan karier cemerlang. Pernah menjabat sebagai ajudan Presiden Soeharto, Wiranto kemudian menjadi Panglima TNI periode 1998-1999. Usai tak aktif di TNI, Wiranto sempat bergabung dengan Partai Golkar sebelum akhirnya mendirikan partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Pada periode pertama pemerintahan Presiden Jokowi, Wiranto menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menkopolhukam). Dengan pengalaman, track record panjang di pemerintahan, TNI, dan telah menangani banyak masalah kebangsaan, kali ini Wiranto dipercaya sebagai Ketua Wantimpres 2019-2024.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x