Info Feed

Mi-26, Helikopter Terbesar di Dunia

Mi-26, Helikopter terbesar di dunia. Sumber foto: imgur.com

SayaAjarkan – Selama ini, kapal laut dan pesawat telah kita kenal sebagai alat transportasi terbesar yang sanggup mengangkut beban hingga ribuan ton. Tapi siapa sangka, helikopter kini juga mampu memikul tugas tersebut.

Ya! Tidak ada yang meragukan ukuran helikopter Mi-26 buatan Rusia. Mungkin saat terbang terlihat seperti helikopter biasa. Tetapi ketika mendarat, kamu akan menyadari betapa besar ukurannya.

Helikopter dengan tinggi 8,1 meter

Mil Helicopters yang berbasis di Moskow adalah perancang dan pembangun proyek ini. Mi-26 memiliki tinggi sekitar 8,1 meter (kira-kira setinggi bangunan tiga lantai), dengan baling-baling yang membentang selebar 32 meter, atau setara lebar sayap pesawat Airbus A320.

Enggak cuma itu, Mi-26 juga punya lebar sekitar 8,2 meter, dengan total panjang tubuh yang mencapai 33,8 meter. Besar sekali, ya!

Sejak penerbangan pertamanya pada tahun 1977, Mi-26, yang punya nama lain Halo, telah menjadi pendukung di industri pengangkat ultra-berat.

Setelah debutnya di Paris Air Show pada 1981, Mi-26 telah dijual ke 20 negara di dunia. Benda ini juga kerap digunakan untuk misi militer dan sipil, serta tersedia dalam 13 varian.

Yang pasti, berkat sepasang mesin turboshaft berkekuatan 11.000 tenaga kuda, Mi-26 dan lima awaknya dapat mengangkut beban hingga 56.000 kg.

Sanggup Mengangkut Pesawat

Kekuatan dan kapasitas muatan Mi-26 dua kali lipat (bahkan lebih) dari helikopter AS CH-47 Chinook. Menurut Avia-Rusia, Mi-26 versi militer dapat membawa 90 pasukan siap tempur, atau 63 warga sipil beserta 60 tandu. Kinerja helikopter ini hampir setara dengan pesawat angkut Lockheed C-130 Hercules yang legendaris.

Mi-26 juga sanggup mengangkut sebuah pesawat tua asal Rusia, Tupolev Tu-134. Pada tahun 1999, Mi-26 bahkan mengangkut mammoth berbulu beku berukuran raksasa dari Tundra Siberia, dengan perkiraan usia 23 ribu tahun.

Proyek ambisius

Pengembangan Mi-26 sendiri dimulai pada awal 1970-an, dengan tujuan ambisius untuk memproduksi helikopter yang kapasitasnya dua kali lipat dari yang sudah ada.

Kapasitas angkut beban Mi-26 kini sebanding dengan pesawat angkut C-130, yang dapat menampung dua kendaraan tempur.

Sebagai catatan, India adalah negara asing pertama yang membeli Mi-26

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x