Info Feed

Tips Memperpanjang Umur Ikan Cupang

Ikan Cupang. Sumber foto: Live Science

Sayaajarkan – Di tengah pandemi virus corona, popularitas ikan cupang kembali melonjak. Banyak masyarakat yang ingin memelihara ikan ini untuk hiburan saat harus berdiam diri di rumah. Bisa jadi, kamu adalah salah satunya.

Nah, selain harus memahami varietasnya, sebagai pecinta cupang, kamu juga harus bisa memastikan ikan-ikan kesayangan kamu sehat dan berumur panjang.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba. Sini saya ajarkan.

Umur ikan cupang

Berapa lama cupang bisa hidup di penangkaran? Jawaban singkatnya kira-kira 3 tahun. Dengan catatan ia terawat, mendapat air bersih, makanan yang sehat, serta wadah yang cukup besar untuk ia tinggali.

Versi betina dari ikan hias air tawar ini hidup beberapa bulan lebih lama daripada jantan, tetapi orang kebanyakan memelihara yang jantan karena warna dan modelnya lebih menarik.

Ssst… sedikit bocoran, jika cupang dirawat dengan sangat baik, mereka bisa melewati 3 tahun, dan bertahan hingga usia 4-5 tahun lho.

Gambaran kehidupan ikan ini di alam liar

Mungkin ini agak sedikit mengejutkan. Tapi tahukah kamu? Umur ikan cupang di alam liar justru jauh lebih pendek dibandingkan di penangkaran.

Hal itu terjadi karena mereka harus bertahan hidup dengan tempat tinggal yang keras, salah satu contohnya perairan yang kurang baik.

Bagi jantan, mereka juga kerap bertarung dengan cupang jantan lain untuk mempertahankan tempat tinggal mereka. Ini kenapa, mereka sering dapat julukan ikan petarung atau ‘Siamese Fighting Fish.’

Di alam liar, cupang hidup di air tawar yang dangkal seperti kolam, sungai, sawah, dan kanal. Mereka asli Kamboja dan Thailand, tetapi sekarang telah menyebar ke daerah lain seperti Singapura, Brazil, Malaysia, dan Indonesia karena dibawa oleh manusia.

Siapa yang tidak jatuh hati pada keanggunan ikan ini?

Tips Memperpanjang Usia Ikan Cupang.

Simpan di wadah yang ukurannya tepat
Sebenarnya volume air terbaik untuk cupang adalah sekitar 1 galon. Namun, kebanyakan toko menjual ikan ini dalam toples atau tangki kecil.

Nah, hanya karena dijual dalam wadah kecil, bukan berarti itu adalah ukuran wadah terbaik untuk mereka. Meski di alam liar mereka tinggal di perairan yang dangkal, namun perairan tersebut sangat luas. Jadi, jika kamu ingin ikan cupangmu panjang umur, cobalah perhatikan ini.

Gunakan Filter
Lupakan mitos bahwa ikan cupang mampu beradaptasi dengan air kotor yang dingin. Faktanya, mereka butuh filter untuk bisa tetap sehat dan tumbuh dengan subur.

Berikan makan yang tepat
Makanan yang kamu berikan sangat berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan, warna, dan umur ikanmu. Ingat, mereka adalah karnivora. Jadi pastikan mereka mendapatkan protein dan lemak yang tepat. Kamu bisa memilih pelet berkualitas, makanan hidup, atau makanan beku.

Ingat, pastikan makanan yang kamu berikan bisa mereka habiskan dalam dua menit. Batasi pemberian makannya dua kali sehari, agar mereka tetap sehat dan tidak kekenyangan.

Pentingnya menambahkan tanaman hidup
Terakhir, berikan tanaman hidup yang akan meningkatkan kadar oksigen dan menyehatkan lingkungan tinggalnya. Beberapa tanaman hidup yang bisa kamu coba adalah anacharis, java fern, atau java moss.

Hmm, mudah bukan? Ngomong-ngomong, sudah berapa banyak koleksi ikan cupangmu?

Sumber artikel:
-https://www.fishkeepingworld.com/how-long-do-betta-fish-live/

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x