Info Feed

Tak Hanya Segar, Ini Ragam Manfaat Air Kelapa Muda

Ilustrasi air kepala muda

Sayaajarkan – Tahukah kamu? Air kelapa muda bisa memberi banyak manfaat kesehatan, dan mampu melengkapi nutrisi penting bagi tubuh.

Bagi yang menderita diabetes, air ini juga bisa menjadi pengganti minuman manis.

Nah, mau tahu apa lagi manfaat air kelapa muda bagi kesehatan? Sini saya ajarkan.

Ragam Manfaat Air Kelapa yang Perlu Kita Tahu

Sumber nutrisi yang baik
Air kelapa terbentuk secara alami di dalam buah dan mengandung 94% air serta sangat sedikit lemak.
Kelapa membutuhkan waktu 10-12 bulan untuk matang sepenuhnya.

Air kelapa muda biasanya berasal dari kelapa berumur sekitar 6–7 bulan.
Kelapa hijau rata-rata menyediakan sekitar 240 ml air yang mengandung 46 kalori, karbohidrat 9 gram, serat 3 gram, protein 2 gram, vitamin C 10%, magnesium 15%, mangan 17%, kalium 17%, sodium 11%, dan kalsium 6%.

Memiliki sifat antioksidan
Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang terbentuk di sel tubuh selama metabolisme. Produksinya meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera.

Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh kamu akan memasuki keadaan stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel dan meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian pada hewan yang terpapar racun menunjukkan bahwa minuman ini mengandung antioksidan yang memodifikasi radikal bebas sehingga tidak lagi menyebabkan kerusakan.

Mampu Perangi Diabetes

Bermanfaat melawan diabetes
Seperti yang sempat dibahas di awal, penelitian telah menunjukkan bahwa air ini dapat menurunkan kadar gula darah.

Dalam sebuah penelitian, tikus diabetes yang diobati dengan air ini mampu mempertahankan kadar gula darah yang lebih baik daripada kelompok tikus yang tak meminumnya.

Yang pasti, minuman ini merupakan sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pradiabetes.

Membantu mencegah batu ginjal
Cairan yang cukup sangatlah penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air putih adalah pilihan yang bagus, sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mungkin memiliki manfaat yang lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal dalam urine. Inilah yang kemudian bisa membentuk batu.

Peneliti percaya bahwa air kelapa membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respons terhadap tingginya kadar oksalat dalam urine.

Mendukung kesehatan jantung
Dalam sebuah penelitian, tikus yang mengonsumsi air kelapa mengalami penurunan kolesterol darah dan trigliserida. Mereka juga mengalami penurunan lemak hati yang signifikan.

Temuan bahwa air ini bisa mengurangi kadar kolesterol seefektif obat statin memang sangat mengesankan, namun masih perlu ada penyelidikan lebih lanjut.

Menurunkan tekanan darah
Air kelapa bagus untuk mengontrol tekanan darah. Dalam satu penelitian kecil pada orang dengan tekanan darah tinggi, minuman ini meningkatkan tekanan darah sistolik pada 71% peserta.

Selain itu, air ini mengandung 600 mg potasium per 240 ml. Kandungan kaliumnya juga terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.

Hindari minum berlebihan

Selain berbagai manfaat di atas, minuman ini juga bisa menjadi minuman yang sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang setelah berolahraga.

Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Penelitian menemukan bahwa air kelapa memulihkan hidrasi setelah berolahraga, jauh lebih baik daripada air dan sama dengan minuman olahraga elektrolit tinggi.

Para peserta juga mengatakan bahwa minuman ini mengurangi rasa mual dan ketidaknyamanan dalam perut.

Namun, penelitian lain yang membandingkan minuman elektrolit tinggi, menemukan bahwa air ini cenderung menyebabkan kembung dan sakit perut.

Jadi, meski manfaatnya banyak, sebaiknya jangan meminumnya secara berlebihan. Apalagi jika kamu merasa tidak cocok, hentikan mengonsumsinya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x