Info Feed

Bahaya Simpan Password di Browser secara Otomatis

Dok/Top Password

SayaAjarkan – Di zaman serba canggih saat ini, kita pun semakin mudah untuk mendapatkan informasi. Dengan membuat akun yang terlindungi password, kita bisa memiliki akses sendiri ke jejaring pertemanan, kencan, studi, akses keuangan, bahkan ke dunia hiburan.

Selain itu, kita juga bisa berbelanja tanpa tatap muka atau ke mall. Caranya cukup dengan membuat akun di platfrom belanja atau online layanan digital lainnya.

Nah, dari kesekian aktivitas kita di ranah online, aman enggak sih jika kita menyimpan password atau sandi kita secara otomatis di smartphone atau laptop kita?

Lalu, apakah perlu kita menggunakan fitur itu? Sini saya ajarkan tentang informasinya.

Bahaya menyimpan password di browser

Google Chrome ataupun Opera dan Mozilla menghadirkan fitur autosave di platformnya yang memudahkan pengguna untuk mengakses semua akun layanan sosial.

Di satu sisi, ini memang memudahkan, tapi ada kalanya hal itu membuat kita takut karena bisa kena hack atau jadi korban bobol para hacker.

Oleh karena itu, ada hal yang harus kita ingat sebelum autosave password di handphone ataupun laptop. Cek satu persatu ya!

Yang harus kita pastikan sebelum melakukannya

Apakah sering kita gunakan?
Jika memang kita akan sering menggunakannya atau mengaksesnya seperti email, mungkin kita bisa meng-autosave nya. Dan ingat, meng-autosave nya jangan di browser umum seperti warnet ataupun handphone orang lain.

Gunakan 2 Langkah Verifikasi
Saat ini memang banyak hacker yang pandai untuk membobol akun seseorang tapi selama kita menggunakan langkah 2 verifikasi melalui telepon dan email ataupun kode g-mail, orang akan susah untuk membobol akun kita, jadi ada baikknya kita menggunakan 2 langkah verifikasi ini.

Nah, kita juga perlu menanyakan kembali ke diri kita apakah hal ini penting untuk kita lakukan atau tidak, karena data tentang diri kita mahal dan sangat pribadi.

Jadi ada baiknya untuk berhati-hati. Jangan sampai kita umbar data di media sosial kepada yang tidak berkepentingan.

Be smart user and smart informator ya! Selalu berhati-hati ketika mengakses dunia maya yang penuh dengan jebakan.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top