Info Feed

Cicak Berkeliaran di Rumah? Usir pakai Cara Ini

Cicak. Dok/Sonora.id

SayaAjarkan – Cicak, hewan kecil satu ini mungkin membantu memakan nyamuk yang ada di rumah.

Namun, di luar itu, ada banyak sisi negatif yang membuat kita ingin segera menyingkirkannya.

Ya, hewan ini kerap mengeluarkan suara yang mengganggu. Selain itu, ia juga terbiasa buang kotoran di mana saja.

Mereka juga terkadang membuat surprise dengan tiba-tiba jatuh di atas kepala atau tubuh kita. Menyebalkan bukan?

Tak hanya itu, Cicak pun kerap kali berusaha mencuri makanan yang kita simpan di dalam lemari atau laci. Hal ini tentu membuat makanan yang kita simpan jadi enggak higienis lagi.

Meskipun bukan hewan yang berbahaya seperti ular, tapi bagi yang takut atau jijik dengan hewan reptil, keberadaannya akan terasa sangat mengganggu. Terutama dengan tingkah-tingkahnya yang sulit untuk ditolerir.

Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa kita pakai untuk mengusir para pemanjat dinding itu. Sini saya ajarkan.

Tips Usir Cicak dari Rumah Kita

Kopi
Bola yang terbuat dari campuran kopi dan tembakau ini sangat ideal untuk menyingkirkan cicak. Kita bisa menempatkan bola-bola ini di setiap sudut rumah. Hasilnya, pelan-pelan, mereka bakal hengkang dari rumah kita.

Kapur barus
Tempatkan beberapa kapur barus di sekitar sudut rumah, di setiap laci, atau lemari. Cicak yang menemukan bau menyengat dari kapur barus bakalan langsung pergi menjauh.

Semprotan Lada
Aduk bubuk merica dalam air dan semprotkan di sekitar sudut rumah, terutama di tempat kita biasa melihat mereka berkeliaran. Mereka sangat alergi terhadap lada, dan akan menjauh karena iritasi.

Air dingin
Cicak suka dengan kehangatan. Seringkali hewan ini ditemukan di tempat yang hangat. Untuk mengusir mereka, kita bisa memercikkan air dingin secara langsung, ini akan menghalangi mobilitas mereka, sehingga kita bisa menangkap lalu membuangnya.

Kulit telur
Cangkang telur memiliki bau menyengat yang akan membuat cicak mual. Bentuk cangkang telur juga memberi kesan bahwa ada makhluk yang lebih besar, sehingga mereka akan takut untuk mendekat.

Bawang bombay/Bawang putih
Sulfur dalam bawang mengeluarkan bau menyengat yang tidak bisa ditoleransi oleh cicak. Kita dapat memotong beberapa irisan bawang dan menyimpannya di sekitar rumah atau membuat jus bawang dengan air kemudian menyemprotkannya.

Flypaper
Flypaper atau kertas lalat sama bagusnya dalam menangkap cicak seperti halnya menangkap lalat. Tempelkan beberapa kertas ini di dinding, dan kita akan menemukan beberapa dari mereka terperangkap di perekat. Kalian dapat dengan cepat membuangnya nanti.

Serai
Aroma serai adalah pilihan yang bagus untuk mengusir cicak sekaligus menjaga rumah kita tetap harum. Simpan saja beberapa helai serai di sekitar sudut-sudut rumah.

Nah, itu tadi beberapa tips simple dan alami yang ampuh untuk mengusir cicak.

Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan seluruh isi rumah, karena ini merupakan pertahanan utama untuk menjaga cicak agar tak berkunjung dan tinggal di rumah kita.

Sumber artikel: -https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-get-rid-of-lizards-from-home-with-simple-and-effective-ways/

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x