Info Feed

Mengenang Dorce Gamalama, Oprah Winfrey-nya Indonesia

Dorce Gamalama

SayaAjarkan – Tanah Air baru saja kehilangan salah satu entertainer terbaiknya, Dorce Gamalama. Seniman asal Solok, Sumatera Barat tersebut berpulang di usia 58 tahun pada Rabu, 16 Februari 2022 pukul 07.30 di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug, Jakarta Selatan akibat komplikasi penyakit gula dan Covid-19.

Sebelumnya, Dorce juga tercatat memiliki riwayat penyakit lain seperti batu ginjal hingga demensia alzheimer.

“Bunda itu demensia alzheimer. Jadi sedikit kadang lupa. Kalau kita tanya jawabnya nggak sinkron,” kata keponakannya, Hetty Soendjaya, mengutip dari Detik beberapa waktu lalu.

Sejarah Dorce Gamalama

Dorce terlahir sebagai seorang laki-laki dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi. Merasa ia adalah seorang perempuan, Dorce kemudian memilih untuk mengubah kelaminnya dengan melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada tahun 1983.

Usai berganti kelamin menjadi wanita. Dorce sempat beberapa kali mengubah nama panggungnya. Mulai dari Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkafeer, hingga akhirnya Dorce Gamalama.

Nama Gamalama sendiri ia dapat usai melihat keindahan Gunung Gamalama ketika mendapat job nyanyi bersama Benyamin Sueb di pulau Ternate. Nama belakang Gamalama kemudian ia gunakan sejak 1994 hingga sekarang.

Menggebrak Industri Hiburan

Sedikit mengingat jejaknya di Industri hiburan Tanah Air, Dorce diketahui pernah menggebrak industri musik indonesia dengan meluncurkan sembilan album musik hanya dalam waktu lima bulan sejak November 2005 hingga Maret 2006.

Album yang melibatkan 74 artis itu, menempatkan Dorce masuk di posisi 1883 dalam daftar penerima penghargaan di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Selain itu, Dorce juga sempat membintangi sejumlah layar lebar. Mulai dari Dorce Sok Akrab (1989), Dorce Ketemu Jodoh (1990), Mas Suka Masukin Aja (2008), hingga film berjudul Hantu Biang Kerok di tahun 2009.

Di ranah televisi, kepopuleran Dorce kian melejit saat menjadi pembawa acara talkshow berjudul Dorce Show, yang mengudara sejak Januari 2005 hingga April 2009.

Kepiawaiannya sebagai host di acara tersebut sempat membuatnya mendapat julukan Oprah Winfrey-nya Indonesia.

Di tengah kesuksesannya. Dorce juga aktif di kegiatan sosial. Salah satunya mengurus Yayasan Dorce Halimatussa’diyah yang menyantuni sekitar 1.600 anak yatim piatu dan anak-anak dari keluarga tidak mampu.

Selamat jalan Dorce Gamalama, karya-karyamu akan selalu kami kenang.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x