Info Feed

Konflik Rusia-Ukraina: Mengenal NATO

Ilustrasi NATO. Dok/History

SayaAjarkan – Banyak dari kita yang saat ini sedang susah tidur karena kepikiran tentang perang yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina, serta keterlibatan NATO.

Banyak hal yang bisa kita bahas dari konflik ini, salah satunya terkait isu kedekatan Ukraina dengan NATO yang jadi salah satu hal yang bikin Rusia naik darah.

Pertanyaannya, apa itu NATO? Kenapa sampai bikin Rusia kesal? Nah, supaya enggak bingung, yuk kita tengok sejarahnya, yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Latar belakang NATO

Jika ingin berkenalan dengan organisasi militer yang satu ini, maka yang harus kita lakukan adalah membuka kembali buku sejarah yang berkaitan dengan peristiwa Perang Dunia II.

Diketahui, Perang Dunia II memunculkan dua kekuatan adidaya, yakni Amerika Serikat dan Uni Soviet. Keduanya memiliki ideologi yang berbeda. Yakni Uni Soviet dengan ideologi komunisnya dan Amerika dengan ideologi liberalis.

Dengan ideologi yang berbeda, kedua negara tersebut kemudian masing-masing membuat blok besar. Negara-negara Eropa Barat tergabung dalam Blok Barat, sedangkan Eropa Timur mengikuti Blok Timur.

Kedua blok ini kemudian terlibat perang dingin, yakni sebutan bagi suatu periode ketegangan politik dan militer, dimana keduanya bersaing merebut pengaruh negara lain, guna memperkuat bloknya masing-masing.

Seperti dikutip dari Detik, berbeda dengan perang-perang lainnya yang melibatkan senjata, perang dingin lebih ke persaingan dalam hal politik, ekonomi, dan propaganda.

Lahirnya NATO

Pada April 1949, 12 negara Blok Barat berkumpul di Brussel, Belgia. Mereka sepakat menandatangani pembentukan persekutuan militer, yang diberi nama North Atlantic Treaty Organization/Pakta Pertahanan Atlantik Utara alias NATO.

Ke-12 negara tersebut adalah:

  1. Amerika Serikat
  2. Inggris
  3. Prancis
  4. Kanada
  5. Belanda
  6. Luksemburg
  7. Denmark
  8. Islandia
  9. Italia
  10. Norwegia
  11. Portugis
  12. dan Belgia

Apa tujuannya?

Mengutip Katadata, NATO adalah organisasi militer yang dibentuk untuk menghadang serangan Uni Soviet terhadap negara non komunis di Eropa Barat.

Laman Media.neliti.com menulis, beberapa tujuan Pakta ini antara lain:

  • Menyelesaikan sengketa dengan damai
  • Menghapus sengketa politik ekonomi internasional
  • Menghindari penggunaan kekerasan dan ancaman militer dalam hubungan internasional
  • Saling membantu dan membela negara yang termasuk ke dalam anggota. Ya, ada yang menyerang satu negara NATO, maka dianggap telah menyerang semua anggota NATO.

Berapa jumlah anggota saat ini?

Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini ada 30 negara yang menjadi anggota NATO, yakni:

  1. Albania
  2. Amerika Serikat
  3. Belanda
  4. Belgia
  5. Bulgaria
  6. Denmark
  7. Estonia
  8. Hongaria
  9. Inggris
  10. Islandia
  11. Italia
  12. Jerman
  13. Kanada
  14. Kroasia
  15. Latvia
  16. Lituania
  17. Luksemburg
  18. Makedonia Utara
  19. Montenegro
  20. Norwegia
  21. Prancis
  22. Polandia
  23. Portugal
  24. Republik Ceko
  25. Rumania
  26. Slovakia
  27. Slovenia
  28. Spanyol
  29. Turki
  30. Yunani

Nah, sudah paham kan sekarang apa itu NATO? Selanjutnya kita akan membahas organisasi militer yang sempat jadi tandingannya, yaitu Warsaw Pact atau Pakta Warsawa. Ditunggu, ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top