Info Feed

Mengenal Pakta Warsawa, Tandingannya NATO

Pakta Warsawa

SayaAjarkan – Pakta Warsawa, nama ini sering kita dengar tatkala membahas NATO.

Lalu, apa sebenarnya Warsaw Pact atau Pakta Warsawa? Dan apa hubungannya dengan NATO, mari kita pelajari bersama-sama.

Sejarah terbentuknya

Seperti yang kita bahas di artikel sebelumnya, Perang Dunia II berlangsung pada 1 September 1939 hingga 2 September 1945. Perang ini memunculkan dua kekuatan besar yakni Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Keduanya lantas membuat dua blok besar. Amerika Serikat dengan negara-negara Eropa Barat membuat blok barat, sementara Uni Soviet dengan Eropa Timur membuat blok timur.

Dari sinilah, NATO terbentuk. Pada April 1949, 12 negara Blok Barat termasuk Amerika berkumpul di Brussel, Belgia. Mereka menandatangani pembentukan North Atlantic Treaty Organization/Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Salah satu tujuannya untuk menghalau serangan Uni Soviet terhadap negara non komunis di Eropa Barat.

Saya ajarkan: Baca selengkapnya tentang NATO di sini.

Terbentuknya NATO kemudian memberikan kekhawatiran kepada Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur. Uni Soviet juga menganggap bahwa Amerika Serikat dan Blok Barat berusaha untuk mengembalikan kekuatan militer Jerman Barat dengan memasukannya ke aliansi NATO.

Pada 14 Mei 1955, dalam pertemuan negara-negara Blok Timur di Warsawa, Polandia, dibentuklah Pakta Warsawa yang tak lain merupakan aliansi pertahanan negara-negara komunis-sosialis di kawasan Eropa Timur. Penggagasnya adalah Perdana Menteri Uni Soviet bernama Nikita Khruschev.

Pact of Mutual Assistance and Unified Command (PMAUC) alias Pakta Warsawa beranggotakan Uni Soviet, Albania, Bulgaria, Cekoslovakia, Jerman Timur, Hongaria, Polandia, dan Rumania.

Adapun tujuan pembentukan Warsaw Pact, antara lain:

  • Mengimbangi kekuatan aliansi pertahanan NATO.
  • Meningkatkan kerja sama pertahanan dan militer negara-negara Blok Timur.
  • Saling membantu jika salah satu negara anggota Pakta Warsawa mengalami masalah pertahanan maupun keamanan.

Pembubaran Pakta Warsawa

Mengutip dari buku Perang Dingin (2018) karya Argda Wahyu, Uni Soviet dan negara-negara komunis mengalami krisis yang cukup krusial pada era 1990-an.

Munculnya gelombang revolusi demokratik di kawasan Eropa Timur dan perpecahan yang terjadi di negara-negara komunis, mengakibatkan adanya perpecahan internal di dalam Warsaw Pact.

Akhirnya, lewat pertemuan antarnegara anggota Warsaw Pact di kota Praha, Ceko yang dihelat pada 31 Maret 1991, Pakta Warsawa resmi dibubarkan. Seluruh mantan anggota, kecuali Rusia, memilih untuk bergabung ke NATO.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top