Info Feed

Rel Kereta Api bisa Mematikan Mesin Mobil yang Melintas, Benarkah?

Adegan rel kereta api di film Fast and Furious

SayaAjarkan – Akhir-akhir ini cukup ramai diberitakan kecelakaan mobil yang tertabrak kereta di perlintasan atau rel kereta api.

Kecelakaan biasanya terjadi akibat kelalaian pengemudi yang tidak disiplin dan mengabaikan peringatan bahwa akan ada kereta yang melintas.

Tentu saja, maraknya berita kecelakaan yang beredar membuat banyak orang jadi merasa was-was saat melewati perlintasan kereta api. Terlebih saat menyadari jika kereta itu sangat besar, berat, kuat, dan tentunya bisa dengan mudah menghancurkan mobil atau motor yang terjebak di tengah rel.

Ya, terkadang memang menakutkan, terutama ketika bel portal tiba-tiba berbunyi menandakan kereta akan lewat. Banyak yang mengatakan perlintasan kereta api dapat mematikan mesin mobil secara mendadak, karena medan magnetnya.

Pertanyaannya, apakah hal itu benar?

Jawabannya adalah TIDAK. Perlintasan kereta api tidak akan mematikan mesin mobil atau sepeda motor ketika melewatinya.

Seperti dikutip dari laman Forceum Radial, alasan utama orang mengalami mati mesin mobil atau motornya di rel adalah karena kepanikan.

Beberapa perlintasan kereta api jalanannya terkadang kurang rata dan bergelombang. Dan sebagian besar, pengalaman ini terjadi pada mobil dan motor bertransmisi manual yang tersangkut jalanan rusak atau bergelombang di perlintasan kereta api.

Saat melewati perlintasan kereta api, beberapa pengemudi lupa untuk pindah ke transmisi atau gigi yang lebih rendah.

Kemudian, ketika bel portal berbunyi, mereka panik dan melupakan situasi persneling dan pedal mereka, ini mengakibatkan mesin mendadak mati.

Kepanikan pun akan kian menjadi-jadi jika mobil atau motor manual yang dikemudikan tidak terawat, sehingga sulit untuk melakukan stater mesin agar menyala kembali.

Bagaimana cara mencegah mesin mati di tengah rel kereta api?

Untuk mengatasi mesin mati di tengah perlintasan kereta, pastikan kamu menggunakan gigi rendah setiap kali kamu akan menyeberangi rel kereta api.

Menggunakan gigi satu atau yang terendah, akan mengurangi risiko kemungkinan mesin mati mendadak.

Nah, itu tadi penjelasannya. Ingat, selalu berhati-hati di jalan ya. Patuhi rambu-rambu yang ada, termasuk ketika kamu akan melewati rel kereta api.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top