Info Feed

7 Aktivitas ini Bikin Kucing Bahagia, Apa Saja?

Aktivitas kucing. Dok/RD.com

SayaAjarkan – Apakah kucing kamu bahagia? Jawabannya mungkin tergantung dari seberapa jauh ia bersenang-senang di kesehariannya. Ini bukan cuma tentang makan lho, tapi juga soal aktivitas kucing dan keleluasaannya dalam melakukan hal-hal yang ia sukai.

Ya! Kucing adalah makhluk yang cerdas dan berakal, jadi mereka punya daftar aktivitas favorit yang panjang. Kebebasan untuk melakukan semua itu bisa membuatnya semakin sehat, bersemangat dan bahagia menjalani harinya.

Nah, penasaran apa saja sih hal-hal yang kucing kamu sukai? Sebenarnya, daftarnya panjang banget. Cuma demi kamu, Sayaajarkan akan membeberkan beberapa di antaranya, yang dirangkum dari laman The Spruce Pets. Yuk simak sama-sama.

Daftar Aktivitas Kucing yang Kamu Wajib Tahu!

Tidur
Bukan rahasia lagi bahwa kucing suka tidur. Faktanya, rata-rata kucing tidur selama 12 hingga 16 jam per hari! Karena kucing adalah makhluk nokturnal, mereka tidur hampir sepanjang hari.

Hmm, siapa yang bisa menyalahkan mereka? Semua orang menyukai tidur siang yang panjang dan menyenangkan di tempat yang nyaman bukan?

Perlu diingat, anak kucing dan kucing tua akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur daripada, katakanlah, kucing remaja. Tetapi jika kamu khawatir kucingmu terlalu banyak tidur atau terlalu sedikit, bicarakan dengan dokter hewan tentang apa yang normal untuk ras, usia, tingkat aktivitas, dan ukurannya.

Perawatan
Tak cuma berlaku untuk kita saja, kucing juga suka perawaran guys! Bahkan, tahukah kamu? Kucing dewasa bahkan menghabiskan sekitar setengah dari jam bangun mereka untuk perawatan.

Untuk melakukan perawatan, para kucing biasanya akan menjilat tubuh mereka sendiri. Namun di luar itu, kamu juga bisa membantunya dengan memberikan pijatan yang nyaman.

Oh ya, kamu juga bisa memandikannya lho. Memang, tidak semua kucing suka dimandikan oleh manusianya, tetapi jika kucing kamu suka, cobalah menyikat bulunya dengan bulu alami atau sikat karet. Ini akan menghilangkan residu dari bulunya dan sehingga ia bisa merasa sangat nyaman dan santai.

Baca juga:

Makan dan Minum

Makanan Segar dan Bergizi
Meski lapar, kamu tentu tak akan mau menyantap makanan basi. Hal yang sama berlaku untuk kucing kamu. Makanan basi tidak hanya terasa tidak enak, tetapi juga dapat menumbuhkan jamur atau menampung berbagai jenis bakteri, seperti Salmonella dan Staphylococcus.

Jadi setiap kali kamu menyajikan makanan untuk kucing, pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa pada makanan basah dan kering. Ini akan memastikan bahwa kamu memberinya makanan segar, bergizi, dan aman.

Air mengalir
Kalau kamu memiliki kucing, kamu pasti pernah mendapatinya sedang mencoba minum air dari keran, atau ember di kama yang mengalir setiap kali ada kesempatan. Padahal, kamu sudah menyediakan air di wadah khusus untuknya. Ini karena kucing suka sekali minum dengan air mengalir.

Percaya atau tidak, beberapa ras ternyata ada yang suka bermain air lho. Dan jika kucing kamu adalah salah satunya, cobalah mengisi bak mandi atau kolam anak-anak dengan beberapa inci air selama waktu bermainnya. Kegiatan ini akan membantunya sedikit berolahraga dan menenangkan diri di hari-hari yang sangat panas.

Aktivitas Kucing yang paling Seru: Manggaruk dan Bermain

Menggaruk dan Mencakar
Salah satu naluri dasar kucing adalah mengasah cakarnya. Caranya adalah dengan mencakar apapun yang menarik perhatiannya. Aktivitas ini ternyata memberikan ia banyak kesenangan. Layaknya manusia yang sedang meregangkan diri. Selain mengasah cakarnya, menggaruk juga dapat membantu membuat kucing rileks dan segar kembali.

Bermain
Waktu bermain adalah sebuah perkara serius bagi kucing, mulai dari masa anak kucing hingga masa tua mereka. Untungnya, kamu tidak perlu repot-repot membelikan mainan bagus untuknya, karena ia akan bermain dengan apa saja.

Yang penting, biarkan mereka bermain kesana kemari. Karena ini tidak hanya mengingatkan insting di alam liar ketika mereka harus menguntit, berburu, dan menangkap mangsanya, tetapi juga membuat mereka tetap berolahraga dan bahagia.

Menonton dan Menikmati Perhatian Kita

Menonton burung atau hewan kecil yang bergerak
Beberapa kucing suka meringkuk di ambang jendela, atau melakukan gerakan menunduk sambil mengamati sesuatu. Ya, kucing suka mengamati hewan-hewan kecil, termasuk burung.

Entah karena mereka menganggap hewan-hewan itu sebagai mangsa, atau hanya karena gerakannya menarik perhatian, yang jelas mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan itu.

Hooman alias kita
Meskipun kucing sering digambarkan sebagai hewan penyendiri, mereka tetap membutuhkan cinta, perhatian, persahabatan dan cinta dari pemilik mereka. Hanya saja, cara kucing mengatakan “Aku mencintaimu,’ sedikit berbeda dari kita.

Beberapa kucing mencoba mengungkapkan ini dengan mendengkur, meletakkan kepalanya, tidur di atau di dekat kamu, mengeong, menjilati, dan bahkan menempelkan pantatnya ke dada atau wajah kamu. Ya, aneh memang. Tapi bagi mereka, itu cinta.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x