Info Feed

Kenapa Kucing suka Menjilati Tubuhnya Sendiri? Ini Jawabannya

Kucing. Dok/Hillspet

SayaAjarkan – Coba pikirkan satu hal yang paling menyenangkan untuk kamu lakukan saat memiliki waktu luang yang panjang. Kalau jawabannya adalah perawatan, maka pemikiranmu hampir sama dengan kucing peliharaan kamu.

Hehe, ya jangan marah dulu. Tak cuma berlaku untuk kita saja, hewan ini juga suka perawatan lho! Caranya dengan menjilati bagian tubuh mereka sendiri.

Tahukah kamu? Kucing dewasa menghabiskan sekitar setengah dari jam bangun mereka, untuk merawat tubuh diri mereka sendiri. Itu kenapa hewan ini punya reputasi sebagai salah satu hewan yang bersih.

Nah, kalau kamu penasaran kenapa para kucing suka menjilati tubuh mereka sendiri? Berikut beberapa jawabannya:

Alasan kenapa Kucing suka Menjilati tubuhnya Sendiri

Membuat mereka tetap bersih
Menjilati tubuh tidak hanya membantu hewan ini menghilangkan kotoran dari bulu mereka, tetapi juga mencegah pemangsa dan mangsa untuk mendeteksi mereka.

Mengutip dari laman The Spruce Cats, menjilati bulu akan menghilangkan bau yang diserap sang kucing dari luar.

Membuat kulit dan bulu mereka tetap sehat
Perawatan teratur akan menyebarkan minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit dan bulunya. Ini penting untuk menjaga bulu tetap sehat, berkilau, dan terhidrasi.

Membuat mereka merasa santai
Tidak ada yang lebih menenangkan daripada pijat, bukan? Nah, hewan ini juga merasakan hal yang sama!

Sayangnya, karena sejauh ini belum ada kucing yang berkenan untuk mengambil profesi tukang pijat, jadi mereka melakukannya dengan menjilati tubuh mereka sendiri.

Percayalah, saat mereka melakukan ini, stres yang mereka rasakan akan berkurang dan mereka pun jauh jauh lebih tenang setelahnya.

Membangun ikatan
Sesama kucing yang tinggal dan bermain bersama biasanya akan saling merawat untuk mengembangkan dan memperkuat ikatan mereka.

Itu kenapa kamu akan sering melihat mereka merawat satu sama lain, termasuk menjilati tempat-tempat yang sulit dijangkau sendiri.

Mendinginkan diri
Manusia berkeringat sementara kucing tak bisa. Alhasil, menjilat dirinya sendiri adalah jalan keluar untuk mereka.

Saat cuaca sangat panas, kucing akan membasahi bulunya dengan air liur untuk mendinginkannya. Ini cukup berhasil, sehingga mereka akan merasa nyaman dan bisa kembali tertidur.

Lalu, pertanyaan terbesarnya, Kenapa hewan ini terkadang suka menjilat bagian tubuh kita?

Mengutip dari laman Cats.org.uk, kucing akan menjilati kita karena beberapa alasan. Yang pertama adalah untuk membangun keterikatan. Ia akan senang jika kita membalas memberikan perhatian kepadanya. Tapi bukan dengan menjilat balik ya. Kamu bisa gunakan tangan, atau sikat bulu yang lembut sebagai balasannya.

Yang kedua, ia bermaksud menempelkan air liurnya untuk membuatmu memiliki bau yang sama dengannya. Cara ini bisa kamu artikan sebagai tanda bahwa kamu telah keterima dengan baik sebagai keluarganya, dan ia merasa aman berada di dekatmu.

Yang ketiga, apa yang ia lakukan memberikannya rasa kebahagiaan. Entah menjilati tubuhnya sendiri, atau orang lain, aktivitas ini akan mengaktifkan endorfin di otaknya, sehingga ia merasa lebih riang.

Yang terakhir, agak kebalikannya. jika aktivitas menjilatnya berbarengan dengan gerakan ekor yang mengarah ke kiri dan kekanan, serta kuping yang agak condong ke belakang, itu berarti bahwa ia sedang merasa tidak nyaman. Untuk menenangkannya, jauhi dan beri dia sedikit ruang, agar ia tidak mengigitmu sebagai bentuk perlawanan kecilnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x