Info Feed

Mau Jadi Prajurit Keraton Yogyakarta? Begini Cara Daftarnya!

Keraton Yogyakarta. Dok/Phinemo.com

SayaAjarkan – Punya impian menjadi prajurit Keraton Yogyakarta? Jika iya, di bulan ini kamu berkesempatan untuk mewujudkan impian itu. Caranya dengan mengikuti seleksi keprajuritan yang tengah digelar di Kota yang kaya akan budaya ini.

Ya! Kamu tak salah baca. Kawedanan Keprajuritan, divisi khusus yang juga bertanggungjawab mengelola pengawal budaya di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, sedang membuka lowongan sebagai prajurit baru sejak 21 Agustus 2022 hingga 21 September 2022 mendatang.

Menurut Penghageng Kawedanan Keprajuritan, KPH Notonegoro, lowongan ini bertujuan memenuhi kebutuhan jumlah Abdi Dalem, dalam hal ini Prajurit. Yang nantinya akan bertugas di berbagai upacara keraton. 

“Sesuai dengan perkembangan zaman, sistem perekrutan ini kami lakukan secara terbuka, transparan, dan akuntabel melalui proses seleksi administratif serta seleksi keterampilan,” ungkapnya.

Apa saja syaratnya?

Untuk menjadi prajurit Keraton Yogyakarta, ada sejumlah syarat yang harus kamu penuhi, antara lain:

  • Berusia minimal 22 tahun, dan maksimal 40 tahun
  • Tinggi badan minimal 165 cm
  • Memiliki berat badan proporsional
  • Sehat secara jasmani dan rohani, tidak cacat fisik maupun mental, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat terbaru dari dokter ataupun puskesmas

Cara Mendaftar menjadi Prajurit Keraton Yogyakarta

Bagi kamu yang tertarik untuk bergabung sebagai prajurit Keraton Yogyakarta, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat surat pengajuan diri menjadi prajurit. Kamu bisa mengunduh templatenya melalui laman ini.

Jika sudah dilengkapi sesuai petunjuk, kirimkan surat tersebut, dengan ditujukan kepada Penghageng Kawedanan Keprajuritan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat lewat email ke keprajuritankratonjogja@gmail.com, atau melalui WhatsApp ke nomor 089618557665 (a.n Nyi MB Bondansari).

Jangan lupa, bersama dengan surat pengajuan diri tersebut, kamu juga harus melampirkan nomor telepon yang dapat dihubungi, serta sejumlah berkas pendukung, antara lain:

  1. Surat rekomendasi dari pengurus Bregada Rakyat, Ini penting karena Keraton Yogyakarta akan mengutamakan para pendaftar yang sudah memiliki pengalaman sebagai anggota bregada rakyat di daerahnya masing-masing
  2. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru (lampirkan yang asli dan fotokopi)
  3. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir (minimal SLTPT, SMP atau sederajat)
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi Kartu Keluarga
  6. Pasfoto terbaru dengan latar berwarna merah ukuran 4×6 (4 lembar), 3×4 (4 lembar), dan 2×3 (4 lembar)

Selain melalui email dan WhatsApp, berkas yang telah lengkap juga dapat kamu serahkan langsung ke kantor Tepas Keprajuritan yang berlokasi di Pracimosono Keraton Yogyakarta (barat Bangsal Pagelaran), Selasa-Minggu, pukul 10.00-14.00 WIB.

Nah, bagaimana, sudah siap mendaftar? Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi media sosial dan situs resmi Keraton Jogja. Good Luck!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top