Info Feed

Mau Lolos Daftar Kartu Prakerja? Begini Caranya!

Kartu Prakerja

SayaAjarkan – Kian hari, Kartu Prakerja semakin mengukuhkan diri sebagai solusi bagi masyarakat Indonesia, dalam hal ketenagakerjaan, dan juga menjadi salah satu upaya pemberdayaan ekonomi.

Pengagas program ini adalah Presiden Jokowi pada Februari 2019. Realisasinya start pada 11 April 2020. Satu hari setelah Pemerintah melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19 yang merajalela di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Akibat PSBB, mobilitas dan tatap muka kala itu jadi terbatas, dan sistem daring mulai jadi alternatif, yang akhirnya menjadi salah satu jalan untuk mempermudah akses masyarakat ke program ini.

Menjadi semi-bansos

Tercatat, sejak April 2020 hingga Juni 2022, Kartu Prakerja telah memiliki penerima manfaat sebesar 13 juta orang, yang tersebar di seluruh Indonesia. Program ini terbukti efektif dengan misi ganda, sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan, serta sebagai salah satu bentuk perlindungan masyarakat.

Ya, karena tak semua orang di lapisan ekonomi 40% terbawah terdata dan memperoleh bantuan sosial, Kartu Prakerja berubah jadi semi-bansos, dengan memberikan insentif pascapenyelesaian Rp 600 ribu per bulan selama 4 kali. Hal ini berjalan tanpa menghilangkan aspek pelatihan yang menjadi inti Program Kartu Prakerja.

Selain itu, supaya bantuan pemerintah tidak tumpang tindih, selama pandemi Program Kartu Prakerja tidak boleh tersalur kepada penerima bansos, seperti:

  • Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Bantuan Sosial Tunai (BST)
  • Bantuan Subsidi Upah (BSU)
  • Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)

Banyak yang menyebut jika program yang telah berjalan hingga gelombang ke-43 ini, sebagai ”game changer” dalam mengakselerasi inklusi keuangan Indonesia.

Bagaimana Cara mengikuti Program Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja adalah program ”beasiswa” pelatihan untuk tujuan skilling, reskilling, dan upskilling.

Apabila kamu sudah terdata namun belum lolos, kamu dapat langsung mencoba gelombang berikutnya memakai email dan password kamu di KartuPrakerja.Go.Id. Jika sudah masuk, klik Gabung Gelombang, dan tunggu hasilnya.

Lalu, bagaimana jika belum pernah mendaftar sama sekali? Kamu bisa memulai langkah pendaftaran dengan membuat akun pribadi di Dashboard.prakerja.go.id/daftar.

Isi data diri yang diminta. Mulai dari Nomor KK, KTP, hingga tanggal lahir. Teruskan dengan mengisi nama lengkap kamu, nama ibu kandung, jenis kelamin, status perkawinan, dan lain-lain. Jangan sampai ada yang terlewat ya!

Kalau sudah, lakukan verifikasi nomor telepon, dan bersiaplah mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Kalau lolos, kamu pun akan dipersilahkan untuk mengikuti pelatihan yang telah kamu pilih.

Nah bagaimana, mudah bukan? Buruan daftar ya guys, sebelum gelombangnya ditutup. Semoga berhasil!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top