Info Feed

Misteri Huruf I dan O di Kursi Bioskop, Ini Faktanya!

Ilustrasi bioskop. Dok/Pixabay

SayaAjarkan – Bioskop di seluruh dunia memiliki aturan yang sama, yakni tidak menyertakan dua huruf I dan O saat memberi label pada baris kursi penonton.

Tak hanya bioskop di luar negeri, bioskop di Indonesia pun melewatkan kedua abjad ini. Dan banyak orang yang belum mengetahui fakta unik ini.

Rupanya, ada alasan di balik penghilangan dua huruf itu. Bukan karena sebab mistis, melainkan karena huruf I terlalu mirip dengan angka 1, dan O identik dengan angka 0 dan huruf Q..

Hmm, ada-ada saja ya. Tapi, perlu kita ingat, bioskop memang identik dengan cahaya yang remang-remang. Dan di era 1800-an, ketika tiket masih ditulis dengan tangan, banyak staff dan pengantar yang kebingungan, saat harus menunjukkan pelanggan yang ingin menonton film di tempat duduk mereka.

Tidak hanya di bioskop

Tahukah kamu? Ternyata bukan hanya bioskop saja lho, yang tidak menyertakan huruf O dan huruf I.

Mengutip laman News.com, seseorang pernah membagikan tautan mengenai peta kursi Airbus A380 Qantas. Di dek utama, baris dimulai dari A ke K, tidak termasuk I.

Selain itu, menurut sebuah kolom di majalah teater Amerika, Playbill, beberapa teater London juga telah melangkah lebih jauh dalam hal ini, dengan menghilangkan beberapa huruf lain.

Teater Olivier dan Teater Lyttelton contohnya. Mereka melewatkan Baris I, Q dan N. Penghilangan huruf N bisa jadi disebabkan karena N terlihat dan terdengar seperti M.

Berbeda dengan Olivier dan Lyttelton, The Theatre Royal Drury Lane menghilangkan baris I, Q, dan V. Sementara di Palace Theatre, stan/orkestra menyertakan Baris I, tetapi menghapus label Q dan U.

“Agaknya, kesamaan antara U dan V juga menjadi masalah,” kata kolom Playbill.

Di luar pesawat dan teater, stadion olahraga juga tidak mau kalah Lihat saja Stadion New York Yankees yang menghilangkan Baris I, O, dan Q..

Secara garis besar, semua dari mereka memiliki pertimbangan tersendiri. Tapi yang pasti, penghilangan abjad pada baris kursi terjadi karena abjad tersebut memiliki kemiripan dengan abjad lain.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top