Info Feed

Dokter Gigi, Profesi Tertua di Dunia?

Profesi dokter gigi. Dok/Pexels

SayaAjarkan – Tahukah kamu? Dokter gigi adalah profesi medis tertua di dunia, bahkan sudah ada sejak 7000 SM.

Salah satu bukti dari pernyataan itu bisa ditemukan dari sebuah teks Sumeria, yang menggambarkan cacing gigi sebagai penyebab kerusakan gigi. Ini adalah sebuah gagasan yang tidak terbukti salah hingga tahun 1700-an!

Di Yunani kuno, Hippocrates dan Aristoteles, menulis tentang kedokteran gigi, khususnya tentang merawat gigi yang membusuk.

Namun, baru pada tahun 1530-lah, terbit buku pertama yang sepenuhnya ditujukan untuk kedokteran gigi. Bukunya berjudul The Little Medicinal Book for All Kinds of Diseases and Infirmities of the Teeth.

Dokter Gigi di era 1700-an

Memasuki tahun 1700-an, kedokteran gigi telah menjadi profesi yang lebih terdefinisi.

Pada tahun 1723, Pierre Fauchard, seorang ahli bedah Prancis yang kini terkenang sebagai Bapak Kedokteran Gigi Modern, menerbitkan bukunya yang berpengaruh, The Surgeon Dentist, a Treatise on Teeth.

Buku ini untuk pertama kalinya mendefinisikan sistem komprehensif, untuk merawat gigi.

Selain itu, Fauchard juga memperkenalkan ide tambalan gigi dan penggunaan prostesis gigi. Dia jugalah yang mengidentifikasi bahwa asam dari gula, sebagai penyebab kerusakan gigi.

Kian maju di 1800-an

Pada tahun 1840, perguruan tinggi kedokteran gigi pertama (Baltimore College of Dental Surgery) berdiri.

Di Amerika Serikat, Alabama memimpin dengan memberlakukan undang-undang praktik gigi pertama pada tahun 1841, dan hampir 20 tahun kemudian, American Dental Association (ADA) terbentuk.

Institusi kedokteran gigi yang berafiliasi dengan universitas pertama, Harvard University Dental School, juga berdiri pada tahun 1867.

Mengutip laman adea.org, pada tahun 1873 Colgate memproduksi pasta gigi pertama secara massal, yang kemudian berlanjut dengan produksi massal sikat gigi pada beberapa tahun kemudian.

Di tahun 1869, orang Afrika-Amerika pertama, resmi mendapatkan gelar kedokteran gigi. Dan memasuki tahun 1885, lahir asisten dokter gigi wanita pertama, yang bekerja di New Orleans.

Uniknya, dari semua fakta mencengangkan itu, kebanyakan orang Amerika rupanya tidak mengadopsi kebiasaan menyikat gigi yang baik sampai setelah Perang Dunia II!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top