Lifestyle

Ingin Pelihara Tarantula? Perhatikan 2 Hal Ini

Tips memelihara tarantula

Sayaajarkan – Saat ini semakin banyak orang menjadikan tarantula sebagai hewan peliharaan. Alasannya sih karena nggak ribet, nggak bau, dan biaya pemeliharaannya sangat murah. Tapi, seperti memelihara hewan pada umumnya, sebuah komitmen merupakan hal yang sangat penting. Terlebih tarantula memiliki usia yang panjang.

Sebagai peliharaan yang akan menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam kandang, kebutuhan asupan makanannya otomatis akan sangat bergantung pada kita. Itu juga mengapa, memilih kandang yang baik sangatlah penting. Perhatikan ukuran dan cara hidup tarantula supaya segala kebutuhannya bisa terpenuhi dalam kandang.

Bertanggungjawablah pada keputusan kita untuk memelihara Tarantula. Credit photo: mypets
Bertanggungjawablah pada keputusan kita untuk memelihara Tarantula. Credit photo: mypets

Mencari Tarantula

Dalam mencari hewan ini, hindari menangkapnya langsung dari alam karena kita tidak tahu ia membawa penyakit atau tidak. Tarantula yang ditangkap langsung dari alam juga memiliki tingkat stress yang lebih tinggi saat dikandangkan sehingga mudah mati. Kasihan kan?

Carilah penjual terpercaya yang berbasis pada hobi sehingga tarantula yang kamu dapatkan dijamin kesehatan dan asal-usulnya (bukan silangan). Para penjual tipe ini biasanya siap membantu kamu dengan tips dan trik ketika ada pertanyaan seputar pemeliharaan

Jangan ragu untuk bertanya sebanyak mungkin. Sebagai orang yang baru pertama kali pelihara Tarantula, kita tentu butuh banyak bimbingan ke depannya.

Perbanyak juga informasi dari internet atau beberapa komunitas pecinta tarantula terkait cara menyentuh, memberi makan, hingga mengurusi kotorannya supaya kita bisa lebih siap memeliharanya.

Yang Wajib Diperhatikan saat Membeli Tarantula

Jika membeli secara online, tanyakan perihal garansi hidup. Penjual yang baik biasanya akan memberikan garansi hidup sampai tujuan dengan syarat tertentu semisal video no cut no edit dari mulai paket dibuka.

Standarnya, seorang penjual akan memberikan tube pemeliharaan dan cocopeat untuk tarantula kecil sehingga kita tinggal memeliharanya. Sementara untuk yang berukuran besar, biasanya akan dikirim dengan wadah makanan atau minuman yang cukup kuat untuk menahan benturan.

Mintalah garansi hidup full tanpa dipotong ongkos kirim. Penjual yang berpengalaman pasti berani karena yakin dengan kemampuan packing dan kirimannya.

Saat sedang tawar-menawar, tantang penjual dengan mengatakan “apakah bisa dikirimkan hari ini?” untuk memastikan penjual benar-benar memiliki stok dari barang yang dijual, karena ternyata tarantula ada juga calonya lho.

Kalau transaksi tidak bisa dilakukan secara CoD (Cash on Delivery), usahakan bertransaksi melalui situs belanja online yang aman dan tepercaya. Jangan sampai penjual sudah menerima uang kita tapi tidak mengirimkan tarantulanya dengan berbagai macam alasan.

Penjual berbasis hobi biasanya akan terbuka mengenai nomer yang bisa dihubungi bahkan lokasi tempat tinggalnya. Mereka akan senang bila kita mau berkunjung untuk melihat koleksinya ataupun sekedar bertanya meskipun tidak untuk membeli.

Terakhir, saat bosan, jangan pernah melepasliarkannya karena selain dapat mengganggu ekosistem, juga akan berbahaya bagi manusia dan juga tarantula itu sendiri. Lebih baik berikan pada orang yang siap memeliharanya atau menjualnya kembali.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x