Lifestyle

Hidup Cukup: 3 Juta Sebulan di Jakarta

hidup cukup jakarta

Sayaajarkan – Di bulan November 2019, Jakarta mengumumkan bahwa UMR 2020 (upah minimum regional) yang diterima oleh karyawan adalah Rp. 4.267.349. Bayak yang bilang kalau ini masih terlalu sedikit mengingat biaya hidup di Jakarta mahal. Walaupun demikian, masih banyak lho masyarakat di Jakarta sebenarnya yang mendapat kurang dari UMR. Nyatanya, Hidup Cukup di Jakarta itu mudah kok.

Jakarta, sebagai Ibu Kota Indonesia berperan sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi. Berbondong-bondong masyarakat mencoba peruntungan untuk bekerja di ibu kota demi memiliki kehidupan yang lebih baik. Umumnya fresh grad (lulusan baru) akan mendapati memiliki gaji UMR di berbagai perusahaan.

Benarkah ini cukup untuk mereka survive di Jakarta? Sayaajarkan mencoba membuat simulasi Hidup Cukup hanya dengan upah 3 juta saja di Jakarta!

Simulasi Upah 3 Juta Untuk Tinggal di Jakarta

Sebelum lanjut melihat simulasinya, ingat ya ini akan sangat efektif untuk orang-orang yang masih Jomblo alias yang belum memiliki tanggungan orang lain!

hidup cukup simulasi sebulan 3 juta
Simulasi Hidup Cukup 3 juta Sebulan di Jakarta. Credit Photo: Sayaajarkan.com

Jika kita melihat tabel di atas, ada 6 hal utama dalam alokasi gaji kita. Kos, Makan, Weekend, Personal Care, Transport, dan Tabungan. Yuk kita breakdown satu-satu.

Kos adalah salah satu hal paling utama kecuali kalau kita tinggal di rumah saudara atau di tempat kerja menyediakan kamar. Ya kita berasumsi yang baca artikel ini rata-rata kalian-kalian yang rantau.

Pemilihan kos harus di tempat yang cukup dekat dengan kantor. Paling tepat adalah yang berjarak 5-10 menit dengan berjalan. Ini tentu akan sangat membantu karena meminimalisir ongkos transportasi dalam keseharian.

Dengan gaji 3 juta, kita tidak bisa berharap banyak mendapatkan kos dengan fasilitas AC atau kamar mandi dalam. Walaupun demikian, banyak kok Kos dengan budget 500-600 yang bersih. Jika kosan memiliki dapur bersama ini akan sangat bermanfaat juga!

Mau punya kamar kos yang lebih enak? Cari teman kos yang mau patungan sehingga beban bayar kos sama tapi dengan fasilitas yang lebih baik.

Makan dan Pulsa untuk Hidup Cukup

Banyak sekali anjuran untuk makan 3x sehari. Namun apakah itu benar-benar suatu keharusan? Riset menunjukan sebenarnya bukan frekuensinya yang penting, namun asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhlah yang harus diperhatikan.

Budget yang dialokasikan setiap hari ini adalah sebesar Rp. 30.000 dengan asumsi makan besar 2x sehari siang dan malam. Yakin cukup? Coba kita pergi ke Nasi Padang. Order saja telur. Ini rata-rata hanya akan merogoh kocek Rp. 10.000. Dengan menu ini, Nasi dapat, lauk dapat, sayur dapat (aneka pilihan daun singkong atau gulai nangka. Kalian bisa minta tambah ekstra kuah gulai, rempahan ikan atau ayam goreng, dan juga bumbu rendang!

Itu menurut kita opsi termurah kalau mau dapat semua nutrisi. Agak mahalan bisa ke warteg terdekat untuk menu Rp. 15.000. Biasanya dapat gorengan sama sayur aja. Mungkin beberapa Warteg kita bisa tambah telor untuk harga tersebut.

Pulsa Rp. 200.000 itu sangat cukup untuk paket internet dan juga telfon. Untuk pengguna Telkomsel misalkan, mereka menawarkan paket Internet 100-150rb untuk kuota internet lebih dari 10G sebulan. Sisanya bisa digunakan untuk paket telfon semua operator selama 200 menit untuk sebulan dengan harga Rp. 62.000!

Selain Telkomsel, XL, Axis, Indosaat Ooredoo, SmartFren dan 3 juga menawarkan paket Internet telfon yang menarik dengan budget Rp. 200.000.

Weekend Harus Dianggarkan Biar Tetap Gaul Di Jakarta

Bergaji 3 juta bukan berarti tidak dapat menikmati Jakarta. Selain pusat ekonomi dan pemerintahan, hiburan di Jakarta tergolong lengkap. Mulai dari kafe-kafe hits, Super Mall yang bertebaran di mana-mana, ataupun berbagai spot menarik (alam maupun buatan dan bersejarah).

Intinya, jangan sampai kita tidak menikmati Jakarta donk! Bergaul itu penting untuk membuat teman dan koneksi. Syukur-syukur dapat jodoh kan ūüôā

Dengan budget Rp. 100.000 setiap minggunya, cukup kok untuk nongkrong bareng teman di Mall. Banyak tempat menyediakan makanan seharga 50-100rb atau jika hanya ingin hangout di kafe, banyak kopi atau teh yang bisa dibeli dengan harga tersebut. Jangan takut di judge yaa.

Hidup Cukup 3 Juta Tetap Bisa Menabung

Personal care Rp. 50.000 cukup untuk kebutuhan odol, sampo, deodoran, sikat gigi, dan lainya. Kemudian mengingat kita akan punya kos di dekat tempat kerja kita, budget transportasi tidak perlu banyak-banyak. Rp. 450.000 sebulan cukup untuk keperluan ini.

Sisa uang kita, bisa kita tabung deh. Untuk tahap Rp. 3.000.000 ini cukup kita alokasikan Rp. 400.000. Kita bisa tambahkan dari sisa yang kita miliki dari alokasi lainnya di akhir bulan.

Dengan mengalokasikan tabungan sebesar Rp. 400.000/sebulan, maka minimal Kita akan memiliki Rp. 4.800.000 juta dalam setahun. Tabungan ini bisa digunakan untuk membeli kebutuhan yang kita inginkan seperti baju baru, tas atau sepatu baru, dan lain-lain. Lihat simulasi di bawah ini.

hidup cukup simulasi setahun
Simulasi Hidup Cukup dalam setahun untuk gaji 3 juta/sebulan. Credit Photo: sayaajarkan.com

Tahun depan, jika kita memiliki performa yang baik gaji kita akan bertambah. Atau mungkin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, maka gajipun bertambah.

Jadi jangan takut untuk merantau atau tinggal di Jakarta. Jika 3 juta saja bisa hidup cukup, bagaimana dengan UMR yang ada saat ini?

Semangat!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top