Lifestyle

5 Tips Belanja Online Supaya Puas 100%

Belanja online

Sayaajarkan – Ingin belanja di toko online tapi takut kecewa? Tertarik membeli barang-barang dengan harga murah di e-commerce tapi khawatir jadi korban penjual tidak amanah?

Belanja online memang tak boleh sembarangan. Karena tidak melulu yang terlihat bagus di internet sesuai dengan kenyataannya.

Nah, dari pengalaman pribadi mari saya ajarkan caranya supaya puas saat belanja online. Selain faktor keamanan belanja online, sederet tips berikut juga bisa diikuti. Semoga membantu.

Jangan cepat tergiur harga murah

Murah memang tidak selalu murahan, tapi ada alasan dibalik ungkapan “Ada harga, ada rupa.” Barang bagus tentu terbuat dari bahan berkualitas dan diproduksi tidak asal-asalan.

Dari bahan baku, hingga skill, waktu dan upah tenaga kerja pastinya membutuhkan biaya tidak sedikit. Jangan buru-buru membeli hanya karena harga.

Meski lagi flashsale atau diskon akhir tahun, kalau kebangetan murahnya sebaiknya cek kembali.

Simak review pembeli

Ulasan dari pembeli sebelumnya sangat penting untuk diperhatikan. Baca pengalaman serta saran dan kritik mereka, apakah umumnya kecewa atau puas.

Cek juga foto barang yang diupload customer supaya kita yakin kalau barang yang bakal kita beli sama dengan yang diiklankan penjual.

Jangan sampai di gambar terlihat keren, begitu sampai berbeda jauh. Dengan melihat foto review pembeli yang puas kita bisa menebak seperti apa persisnya barang yang akan kita terima nanti.

belanja online
Tak semua sebagus yang terlihat. Belanja online jangan sembarangan, ada tipsnya supaya tidak buang uang percuma!

Cek reputasi toko

Semakin baik reputasi toko online nya, semakin kecil kemungkinan kita akan kecewa. Nah, sebelum memutuskan memasukan barang ke dalam troli, cek dulu reputasi toko.

Jangan beli dari toko abal-abal! Berapa banyak barang yang terjual? Sudah berapa lama toko beroperasi? Bagaimana keaktifan lapak toko tersebut? Bagaimana pelayanannya? Cek rating toko! Question everything!

Baca detail barang

Terkadang kita hanya membaca sekilas keterangan dari produk yang akan kita beli. Padahal bisa bisa saja keterangan produk berbeda dari yang kita pahami.

Baca setiap detail dan spesifikasi, jangan sampai terlewatkan. Misalnya saat hendak membeli celana jeans.

Cek apakah ukurannya menggunakan standar internasional atau berbeda? Apakah standar ukurannya sama dengan brand yang biasa kita pakai? Perlukah memesan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil?

Tonton video produk

Selain foto, video produk juga bisa memberikan perkiraan akan pesanan barang yang akan kita terima nantinya. Cek toko-toko yang juga memposting video dari produk yang mereka jual.

Lebih bagus lagi kalau ada review atau unboxing-nya di YouTube. Saat hendak membeli phone holder untuk motor misalnya, ulasan video penggunaan produk bisa memberikan keyakinan lebih akan barang tersebut. Jangan sampai begitu dipasang di motor, baru beberapa meter smarthone kita jatuh saat melewati polisi tidur.

Ada pengalaman atau tips belanja online menarik? Jangan sungkan share ke kami, ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top