Lifestyle

Singkirkan Smartphone Kamu, dan Rasakan 5 Keajaiban Ini

Hidup tanpa Smartphone. Dok/Time

SayaajarkanSmartphone kamu rusak, dijual, atau hilang? Eits, jangan buru-buru beli penggantinya. Coba sisihkan waktu untuk menikmati hidup tanpa gadget canggih itu.

Ya, kecanggihan smartphone, ditambah dengan fitur-fiturnya yang memanjakan, secara tidak sadar telah banyak merenggut beberapa bagian penting dari kehidupan kita.

Oleh karena itu, tak ada salahnya sedikit memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk terbebas dari semua distraksi itu, dan mengecek satu persatu apa saja yang telah kita lewatkan.

Tertarik? Ini persiapan yang harus kamu lakukan

Pastikan komunikasi jarak jauhmu tetap terjaga.

Menyingkirkan smartphone bukan berarti benar-benar hidup tanpa komunikasi jarak jauh. Yang kita tuju semata-mata adalah kecanduan kita pada fitur-fitur mewahnya. Seperti media sosial, game, kamera, dan sebagainya.

Oleh karena itu, kita bisa kembali memanfaatkan handphone bekas. Atau jika benar-benar berniat merasakan pengalaman ini, kita juga bisa membeli handphone minim fitur untuk dipergunakan sehari-hari.

Pada dasarnya, yang kita butuhkan adalah komunikasi. Jadi asalkan bisa untuk telepon, kirim pesan teks (syukur-syukur memiliki aplikasi WhatsApp), rasanya HP tersebut sudah cukup bagus untuk dipakai sementara.

Selanjutnya, setelah persiapannya selesai, mulailah siapkan buku kecil untuk mencatat pengalaman-pengalaman yang dirasakan.

Semua catatan-catatan kemajuan ini nantinya bisa menjadi fondasi yang kuat untuk mulai mengurangi dominasi smartphone di hidup kita.

Betapa menyenangkan-nya tanpa smartphone

Sebagai gambaran, saya sudah mencobanya selama satu bulan ini. Dan kira-kira ini yang saya rasakan:

Menjadi lebih produktif

Sejak melepaskan diri dari smartphone, kita akan merasa memiliki lebih banyak waktu. Perasaan ini pada akhirnya memaksa kita untuk menyibukkan diri guna membunuh waktu.

Syahdan, tanpa sadar kita akan jadi lebih produktif. Pilihannya pun seabrek, mulai dari membersihkan rumah, mengerjakan PR atau tugas-tugas kantor yang tertunda, merawat kendaraan, membaca atau menulis novel, mencoba hal-hal baru, hingga fokus berolah raga.

Menikmati detail-detail yang kadang terlewatkan

Tanpa distraksi berlebih, secara perlahan kita akan mulai sedikit menaruh fokus pada apa yang ada di sekitar kita.

Mungkin saja tiba-tiba kamu menemukan kafe bagus di jalan yang biasa kamu lewati setiap hari, atau terpukau dengan pemandangan di sekelilingmu, yang kerap terabaikan karena keseringan menunduk (menatap smartphone).

Menjadi teman yang lebih baik

Tanpa sadar, kita juga perlahan-lahan akan menjadi sosok yang lebih baik dan menyenangkan bagi teman-teman.

Mungkin salah satunya karena kita sekarang jadi pendengar yang lebih baik, ketimbang saat masih sibuk dengan smartphone.

Baik untuk mental kamu

Lebih tenang dan fokus

Meski ukurannya kecil, smartphone sebenarnya lebih riuh dari obrolan tetangga.

Berbagai berita terkini, gosip ini itu, gibahan teman, dan lain-lain juga ada di sana. Informasi yang terkadang berlebih ini akan mengganggu mental jika tidak mampu mengelolanya.

Untungnya, tanpa smartphone, keriuhan itu mendadak lenyap. Kita jadi tak tahu lagi si artis A habis beli apa, ada berita seram apa, dan lain-lain. Kita pun jadi bisa lebih selektif memilih informasi yang kita konsumsi. Alhasil, hidup jadi lebih tenang dan fokus.

Lebih hemat

Ucapkan selamat tinggal pada jasa online, toko online, beserta paylater-nya sekalian. Tanpa smartphone, kita tak akan tergoda lagi oleh barang-barang diskon yang biasa ditemukan oleh jempol nakal kita.

Bagian menyenangkannya, ketika memasuki akhir bulan, kantong kita akan lebih tebal dari biasanya.

Bonus

Di luar 5 keajaiban di atas, ketiadaan smartphone juga akan membuat tidur jauh lebih teratur dan nyenyak.

Layar yang mengganggu, serta distraksi yang menggoda kita untuk terus terjaga, sudah tak ada lagi.

Sebagai gantinya, kita bisa membaca buku, bermeditasi, menikmati aromaterapi, serta hal-hal lain yang menenangkan dan membuat kita mengantuk.

Nah, tertarik untuk mencoba? Ingat, hanya lakukan ini jika kamu tidak memiliki kepentingan prioritas yang membutuhkan pemakaian smartphone secara rutin.

Jangan lupa juga untuk menceritakan pengalaman kamu di kolom komentar, ya!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top