Lifestyle

Trik Ampuh Keluarkan Kotoran Telinga dengan Cepat tanpa Dikorek

Ilustrasi Telinga. Dok/ABC News

SayaAjarkan – Apa? Gimana? Maaf saya tidak dengar, apakah bisa diulang? Ya! Telinga tersumbat sangat berpengaruh terhadap komunikasi kita dengan orang lain.

Tidak hanya komunikasi saja lho sebenarnya. Tapi juga dalam proses belajar karena belajar juga perlu mendengar.

Nah, untuk menghindari kuping tersumbat karena kotoran, ada baiknya kita bersihkan ya. Tidak harus setiap hari sih, tapi kalau bisa minimal 2 hari sekali.

Saat membersihkan, kebanyakan orang melakukannya dengan mengoreknya. Ini sebenarnya bahaya, karena selain berpotensi melukai kulit dalam atau gendang telinga, aktivitas ini juga bisa membuat kotoran kuping malah terdorong ke dalam. Jadi semakin susah kan bersihinnya ?

Oleh karena itu, supaya tetap aman, berikut beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan tanpa harus mengoreknya. Sini saya ajarkan.

Tapi, sebelumnya kamu juga harus tahu kalau untuk membersihkan telinga itu baiknya sesudah mandi. Kondisi kotoran yang masih basah membuatnya jadi mudah kita bersihkan ketimbang sudah kering.

Tips bersihkan telinga dengan aman

Minyak Zaitun
Minyak zaitun memang banyak manfaat-nya. Tidak hanya untuk pijat atau mengatasi kulit kering, namun juga bisa kita gunakan untuk membersihkan telinga.

Caranya, celupkan kapas pada minyak ini, lalu peras dan masukkan kapas ke dalam telinga. Kemudian, diamkan selama 15 menit.

Setelah itu, tarik kapas dan kotoran akan terbawa karena menempel di kapas. Mudah bukan?

Baby Oil
Jika tidak ada minyak zaitun, kamu bisa menggunakan baby oil dengan cara yang sama. Ulangi cara ini kalau merasa perlu.

Air Garam
Air garam ini lebih banyak lagi manfaat-nya. Tidak hanya untuk obat kumur sakit gigi atau oralit (mengatasi Mencret), tapi air garam ini juga bisa untuk membersihkan telinga.

Caranya, dengan meneteskan air garam ke dalam kuping dan setelah itu miringkan kepala kita, lalu bersihkan dengan kapas.

Nah, itu tadi cara mudah untuk membersihkan kotoran telinga tanpa mengoreknya, silahkan dicoba mana yang paling sesuai denganmu ya.

Yuk, jadi pendengar yang baik, apalagi saat mendengarkan curhat-an sahabat atau rumpi.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x