Lifestyle

Kucing adalah Hewan Peliharaan Terbaik, Ini Alasannya

Hewan peliharaan kucing. Dok/Cheezburger

SayaAjarkan – Ya! Memang tak semua orang setuju dengan itu. Terutama jika membandingkannya dengan hewan peliharaan lain seperti burung, reptil, kelinci, atau anjing.

Kabar baiknya, kamu tidak perlu memilih peliharaan mana yang terbaik, dan bahkan bisa memutuskan untuk memelihara semuanya (andaikan rumah kamu dan orang-orang di dalamnya mampu merawat mereka dengan baik).

Namun, setidaknya tengok dulu 10 alasan mengapa kucing bisa kita kategorikan sebagai salah satu peliharaan terbaik. Siapa tahu kamu yang sebelumnya enggan memelihara kucing, jadi mulai mempertimbangkan untuk memasukkannya sebagai keluarga baru kamu.

Alasan kucing adalah salah satu hewan peliharaan terbaik

Tidak berisik
Jika tingkat kebisingan menjadi perhatian dalam keseharian kamu, maka kucing adalah pilihan hewan peliharaan yang bagus. Yang kamu perlu khawatirkan mungkin adalah suara-suara lain seperti barang yang mereka jatuhkan, atau suara ancaman mereka saat bertemu kucing liar. Selebihnya, mereka cenderung lebih tenang secara keseluruhan.

Merawatnya tidak sulit
Ketimbang anjing, kucing adalah hewan peliharaan yang intensitas perawatannya rendah. Mereka tidak memerlukan pelatihan formal, tidak perlu kita bawa keluar beberapa kali sehari, dan mereka bahkan mampu melakukan pembersihan diri dasar.

Tentu saja, kucing berbulu panjang masih membutuhkan perawatan rutin, tetapi kemungkinan perawatannya lebih sedikit daripada anjing berbulu panjang.

Mudah dilatih
Salah satu tantangan terbesar yang harus diatasi oleh pemilik anjing adalah proses melatih anak anjing baru di rumah. Sebaliknya, anak kucing rata-rata sudah langsung tahu cara menggunakan kotak pasir tanpa perlu kita ajari.

Yang perlu kamu lakukan hanya menunjukkan kepada mereka di mana kotak itu berada, dan mereka secara naluriah akan menggunakannya.

Cocok untuk dirawat di apartemen
Ketika berbicara tentang hewan peliharaan di apartemen, kucing seringkali lebih cocok daripada anjing. Dibandingkan dengan anjing, kucing membutuhkan lebih sedikit ruang dan dapat memanfaatkan ruang vertikal dengan lebih baik.

Bahkan, di apartemen dengan luas persegi kecil, kamu dapat membuat ruang nyaman untuk kucing dengan menambahkan tingkat vertikal yang berbeda. Plus, karena mereka menggunakan kotak pasir, mereka tidak perlu dibawa keluar beberapa kali sehari untuk buang air dan sebagainya.

Biaya bulanan yang murah dan usia yang panjang

Biaya bulanannya murah
Menurut ASPCA, biaya perawatan kucing secara keseluruhan lebih rendah daripada anjing berukuran sedang atau besar. Ini karena mereka membutuhkan lebih sedikit makanan, lebih sedikit mainan, dan memiliki biaya perawatan keseluruhan yang lebih rendah.

Mandiri
Salah satu hal terbaik tentang kucing adalah mereka adalah makhluk yang sangat mandiri. Tidak seperti anjing, yang membutuhkan tingkat perhatian yang cukup tinggi setiap hari, kucing cukup senang memiliki waktu untuk diri mereka sendiri.

Faktanya, kucing akan tidur sekitar 15 jam sehari sehingga kamu tidak perlu khawatir mereka akan mengalami kebosanan saat ditinggal bekerja.

Saat kamu di rumah, kucing juga lebih cenderung puas hanya dengan berada di dekat kamu, sedangkan anjing mungkin menuntut perhatian penuh.

Berumur panjang
Setiap pemilik hewan peliharaan tahu bahwa kehilangan hewan peliharaan adalah pengalaman yang benar-benar memilukan.

Untungnya, ketika datang ke rumah hewan peliharaan, kucing memiliki harapan hidup yang cukup panjang. Rentang hidup rata-rata kucing adalah 12 tahun, tetapi tidak jarang mereka hidup hingga remaja atau bahkan awal dua puluhan.

Baik untuk mental dan kebersihan rumah

Bagus untuk kesehatan mental
Penelitian telah menunjukkan bahwa kucing memiliki efek menenangkan pada pemiliknya, dari tindakan mengelus yang menenangkan hingga mendengarkan dengkurannya.

Kucing bahkan dapat berperan dalam menurunkan tekanan darah dan risiko serangan jantung. Satu studi bahkan menunjukkan bahwa pemilik kucing 30% lebih kecil kemungkinannya meninggal karena serangan jantung atau stroke daripada pemilik non-kucing.

Membuat kita tahan terhadap alergi
Dalam sebuah penelitian oleh National Institutes of Health, ditemukan bahwa anak-anak di bawah usia satu tahun yang terpapar kucing lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi. Bagian yang menarik adalah bahwa ini tidak hanya terbatas pada alergi hewan peliharaan, tetapi semua jenis alergi.

Tampaknya paparan hewan peliharaan sebagai anak kecil akan melindungi anak, tidak hanya pada alergi hewan, tetapi alergi umum lainnya seperti tungau debu, ragweed, dan rumput.

Terhindar dari hama
Kucing dirancang untuk menguntit, berburu, dan menerkam mangsanya, yang membuatnya sempurna untuk menjaga rumah agar bebas dari hama yang tidak diinginkan – baik itu tikus, serangga, atau yang lainnya. Bahkan kehadiran mereka bisa menjadi penghalang bagi hewan pengerat karena aroma mereka dapat bertindak sebagai penolak.

Nah, itu tadi 10 alasan kenapa kucing adalah hewan peliharaan terbaik. Semoga daftar alasan dari laman Fresh Pet ini bisa membuat kucing menjadi salah satu sahabat terbaik kamu dalam menjalani hidup. Ingat, usahakan untuk adopsi ya, jangan membeli.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top