Traveling

Lembah Baliem: Festival Budaya Tertua di Indonesia

Festival budaya lembah baliem

Sayaajarkan – Papua, provinsi di ujung timur Indonesia ini mempunyai kebudayaan tertua di Indonesia yaitu Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB). Kebudayaan yang satu ini ikut andil besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Papua khususnya bidang pariwisata.

Banyaknya wisatawan yang penasaran melihat festival ini membuka mata pencaharian masyarakat Papua dalam bidang transportasi, penginapan dan restoran. Festival ini menjadi ikon pariwisata Papua di mata dunia. Maka dari itu kita akan menemukan banyak orang asing traveling ke sini.

Festival Budaya Lembah Baliem mulai dilaksanakan sejak tahun 1989. 30 tahun usia pagelaran budaya ini tanpa disadari memberi banyak dampak positif bagi Pemerintah Daerah.

Festival ini menampilkan jejak peradaban kehidupan nenek moyang Suku Hubula yang dilaksanakan setiap tahun di bulan Agustus. FBLB digelar selama 3 hari menampilkan seni pertunjukan dan pesta budaya masyarakat Jayawijaya dari 40 distrik.

Dalam festival ini menampilkan atraksi kolosal perang-perangan, tari-tarian tradisional, seni merias tubuh, pertunjukan alat musik tradisional (pikon dan witawo), atraksi memasak tradisional (bakar batu), permainan anak (puradan dan sikoko), lempar sege dan karapan babi.

Atraksi kolosal perang-perangan. Credit photo: Instagram/festivallembahbaliem

Atraksi kolosal perang-perangan. Credit photo: Instagram/festivallembahbaliem

Rute ke Lokasi Festival Budaya Lembah Baliem

Lembah Baliem berlokasi di kota Wamena. Untuk mencapainya menggunakan transportasi udara dari bandara Sentani, Jayapura. Bandar Udara Sentani merupakan pusat transportasi udara yang melayani semua rute penerbangan di Papua.

Dari Bandar Udara Sentani, penerbangan ke Wamena dapat ditempuh menggunakan jasa penerbangan komersial jenis boeing atau ATR seperti Trigana Air Service, Wings Air, Express Air, dan juga jasa penerbangan jenis Cessna seperti Susy Air, MAF Aviation dan AMA Aviation.

Jadwal penerbangan dari Bandar Udara Sentani menuju Wamena dimulai pkl. 08.00 WIT – 14.00 WIT, dan pelayanan 4 kali penerbangan setiap harinya.

Nah dari bandara Wamena, kita bisa menyewa ojek atau taksi. Memang agak mahal dibanding kota lain di Indonesia, tapi kita bisa menawar dan membuat kesepakatan dengan supirnya.

Bagaimana, tertarik untuk menyaksikan festival budaya tertua di Indonesia? Festival Budaya Lembah Baliem akan kembali digelar di Distrik Welesi, Kab. Jayawijaya, Papua pada 7 – 10 Agustus 2019 mendatang.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x