Traveling

Bukan Switzerland Tapi Swaziland

Sayaajarkan – Bukan Switzerland namun Swaziland, yaitu sebuah negara kecil di benua Afrika dengan luas wilayah yang hanya 17 ribu km persegi dan Populasi yang diperkirakan hanya sebesar 1.343.098 (2016). Bertetangga dengan Afrika selatan dan Mozambik, Swaziland yang beribu kota di Mbabane membagi negaranya dalam 4 distrik yaitu Hhohho (timur), Lubombo (barat), Manzini (tengah) dan Shiselweni (selatan).

Potongan Peta Afrika
Credit Photo: tes.com

Mayoritas penduduk di Swaziland berasal dari suku Swazi. Sisanya adalah sejumlah kecil dari suku Zulu, bangsa Eropa, dan pengungsi dari Mozambik. Sementara untuk bahasa yang digunakan adalah bahasa Swati dan bahasa Inggris.

Salah Satu Tarian Tradisional
Credit Photo: heritagetours.com

Meskipun tidak memiliki pantai, namun negara ini merupakan salah satu negara yang menggantungkan hidupnya dari sektor pariwisata yaitu, wisata alam, sejarah, dan seni budaya. Selain panorama alam yang indah berupa rangkaian pegunungan, hutan rimba, dan lembah, Swaziland juga terkenal dengan tarian serta keramahtamahan penduduknya. Setiap tahunnya ada 1,3 jutaan turis berkunjung ke negara ini, jumlah yang hampir sama dengan total populasinya.

Pesona Alam
Credit Photo: mnn.com

Sebagian besar turis datang ke Swaziland melalui penjelajahan darat. Namun kamu juga bisa mendatanginya dengan penerbangan pesawat dan mendarat di Bandara Internasional King Mswati III di Mbabane.

Bandara Internasional King Mswati III
Credit Photo: flickr.com

Namun demikian, ternyata perekonomian Swaziland bisa terbilang buruk. Dari data CPA Africa region World Bank Projects, 34 persen dari 1 juta penduduknya adalah pengangguran. Untuk sektor kesehatan, harapan hidup warganya berada di angka rata-rata 49 tahun, termasuk salah satu terendah di dunia. Swaziland juga menjadi salah satu negara dengan tingkat penderita HIV/AIDS tertinggi di dunia. Sementara itu, untuk pelayanan kesehatan di Swazilandpun masih sangat terbatas, namun kamu bisa mengandalkan Afrika Selatan yang memiliki peralatan medis dan obat-obatan yang lebih lengkap untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih baik.

Jadi, sudah tau mau liburan kemana kali ini?

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x