Traveling

Kuliner Aman: Tips Hindari Jebakan Harga

kuliner

SayaAjarkan – Liburan ke tempat wisata memang menyenangkan, apalagi kalau sekalian menikmati kuliner bersama keluarga, sahabat, atau pasangan tercinta.

Namun, di luar semua kesenangannya, ada banyak hal kecil yang tetap harus kita perhatikan, salah satunya adalah restoran tempat kita makan.

Pasalnya, belum lama ini sempat ramai berita tentang seorang wisatawan lokal yang harus membayar harga yang tak wajar ketika makan di sebuah kawasan wisata.

Meski kasus tersebut sudah diusut tuntas dan pelaku sudah diberi sanksi, ada baiknya bagi kita untuk tetap berhati-hati. Terutama saat mengunjungi lokasi yang belum benar-benar kita kenali.

Nah, supaya enggak kena jebakan saat makanannya sudah terlanjur di perut, cobalah beberapa tips simple ini supaya liburan kita tetap menyenangkan dan dompet tetap aman.

Tips hindari jebakan Batman saat wiSata kuliner

Pilih tempat kuliner yang meyakinkan

Untuk meminimalisir risiko, ada baiknya untuk memilih restoran yang sudah kita kenal, lumayan populer, atau ramai oleh pengunjung.

Kita juga bisa mencari makan di lokasi yang agak jauh dari tempat wisata itu, yang setidaknya bisa memenuhi salah satu dari tiga aspek tadi.

Ingat, pastikan restorannya mencantumkan daftar harga untuk setiap menu yang ditawarkan, supaya kita bisa mengira-ngira pengeluaran yang harus dilakukan.

Mau wisata plus kuliner? Cek harga dulu

Kalau harganya tidak tertera, jangan gengsi untuk bertanya terlebih dahulu. Karena ini adalah langkah penting untuk mencegah agar kita tidak kebobolan.

Jika restorannya cukup populer, kita bisa mengecek harganya lewat aplikasi jasa pengantaran makan online seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood dan sebagainya.

Fitur ini juga memungkinkan kita melihat rating dari restoran yang kita pilih. Supaya lebih yakin.

Ya, lebih baik hati-hati daripada menyesal dalam kenyang bukan?

Waspada jebakan kecil

Ketika sedang asyik menyantap makanan, terkadang kita suka tergoda untuk mengambil cemilan atau lauk tambahan yang tersedia di meja.

Godaan ini juga kadang muncul dari mulut si penjual, seperti, “mau tambah sayur?” “mau coba paket ini?” dan sebagainya.

Bayangkan kalau apa yang kita tambahkan tersebut ternyata memiliki harga yang mahal. Hmm, enggak jadi hemat deh.

Oleh karena itu, kembali ke tips nomor dua, biasakan untuk bertanya harganya terlebih dahulu.

Beri rating

Jika kita merasa puas dengan rasa dan harga dari makanan, jangan lupa bubuhkan rating di Internet. Ini akan membantu wisatawan lain untuk menemukan tempat makan yang nyaman dan aman bagi kantong.

Selamat liburan sekaligus ber-kuliner ria ya. Dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x