Traveling

7 Tempat Wisata di Rusia yang Wajib Dikunjungi

SayaAjarkan – Rusia saat ini tengah menjadi sorotan di seluruh dunia. Salah satunya karena sanksi negara-negara barat akibat invasinya terhadap Ukraina.

Terlepas dari urusan perang kedua negara tersebut, Negara terbesar di dunia ini sebenarnya benar-benar memiliki semuanya lho.

Sebut saja pegunungan, lembah, tanah beku, pasir hangat, hingga ragam destinasi alam yang menakjubkan.

Beberapa kota tertua di Rusia, termasuk Moskow dan St. Petersburg, juga masih mempertahankan kemegahan kekaisarannya.

Mau tahu lebih lanjut? Berikut daftar tempat wisata di Rusia, yang akan membuatmu merasa kagum.

7 Tempat Wisata di Rusia yang mengagumkan

Danau Baikal
Dalam hal memecahkan rekor, Danau Baikal sulit terkalahkan. Danau retakan besar di ketinggian tinggi di Siberia ini adalah danau tertua dan terdalam di dunia.

Kedalamannya mencapai maksimum 1.642 meter dan perkiraan usianya mencapai 25 juta tahun. Baikal juga merupakan danau air tawar terbesar di dunia. Di mana lebih dari 20 persen air tawar dunia ada di danau ini.

Selain itu, Danau Baikal dianggap sebagai salah satu danau paling jernih di dunia, hal ini bisa terlihat di musim dingin.

Ada beberapa spot di mana orang bisa melihat hingga 40 meter ke dalam air. Walaupun sebagian besar permukaan danau membeku selama sampai lima bulan dalam setahun.

Moskow
Ibu kota negara Rusia ini merupakan perpaduan luar biasa antara tanaman hijau, arsitektur yang memukau, dan banyak kenangan sejarah.

Pengunjung Moskow biasanya mulai menjelajah di pusat kota di mana ada gedung Kremlin, Lapangan Merah, dan Katedral St. Basil yang penuh warna.

Pusat perbelanjaan GUM, dengan atap kaca dan baja, juga merupakan tujuan populer, bahkan turis yang tidak mampu membeli merek mewah bisa belanja di sini. Ini juga tempat yang pas untuk mencoba makanan asli Rusia.

Meskipun museum bukan pilihan kamu, Moskow memiliki beberapa pilihan luar biasa. Termasuk Galeri State Tretyakov (yang hanya menampung karya seni Rusia); Museum Pushkin (untuk koleksi internasional lainnya); dan Museum Gudang Senjata Kremlin untuk melihat beberapa barang unik.

Teater Bolshoi, salah satu teater balet dan opera terbesar di dunia, juga patut kamu kunjungi jika bisa mendapatkan tiketnya.

Beberapa hal terbaik di Moskow membutuhkan jalan kaki untuk dijelajahi dengan baik. Seperti jalan perbelanjaan khusus pejalan kaki Stary Arbat dan jalan kayu di sepanjang Sungai Moskva.

Stasiun Metro Moskow adalah karya seni tersendiri, dihiasi dengan relief porselen, lampu kristal, dan karya seni mosaik unik yang membuat tempat-tempat ini pada dasarnya terlihat seperti istana bawah tanah.

St. Peterburg di Rusia, tak kalah oleh Moskow

St. Peterburg
Meskipun lebih kecil dari Moskow, St. Petersburg sebenarnya memiliki begitu banyak hal untuk ditawarkan, seringkali tidak mungkin untuk melihat semuanya dalam satu hari.

Dibandingkan dengan Moskow, St. Petersburg terasa lebih Eropa, seni murni dan detail desain yang indah berpadu dengan sejarah di setiap sudutnya.

Menjelajahinya lebih nikmat dengan berjalan kaki untuk mengagumi arsitektur dari dekat, atau naik kapal pesiar untuk menjelajahi bagian dari kanal sepanjang 300 kilometer.

Museum Hermitage, mungkin objek wisata paling terkenal di St. Petersburg dan museum seni serta budaya terbesar kedua di dunia, memiliki koleksi lebih dari tiga juta item yang mencakup segala sesuatu mulai dari seni prasejarah.

Sochi dan Pulau Olkon

Sochi
Sebagai sebuah kota resor pantai musim panas yang terletak tepat di Laut Hitam, Sochi menawarkan bentangan panjang pantai kerikil dan pasir.

Sungai terpanjang di Rusia, Mzymta, memotong Sochi sebelum bermuara ke Laut Hitam, dan merupakan tujuan yang sangat populer untuk arung jeram.

Hanya 50 kilometer dari Sochi, ada Situs Warisan Dunia UNESCO dan rumah bagi sejumlah spesies flora dan fauna unik, termasuk macan tutul Persia yang terancam punah.

Resor ski Rosa Khutor di dekatnya adalah tujuan favorit lainnya selama musim dingin dan area ski alpine kelas dunia seperti Olimpiade Musim Dingin 2014 diselenggarakan di sini.

Pulau Olkhon
Salah satu pulau danau terbesar di dunia, Olkhon tertutupi oleh pegunungan yang curam, hutan yang rimbun, dan taiga.
Pulau ini berada di Siberia Timur dan memiliki populasi permanen kecil yang sebagian besar terdiri dari Buryat lokal, kelompok pribumi Mongol yang percaya pulau itu sebagai tempat spiritual yang kuat.

Pariwisata telah menjadi industri yang berkembang di Pulau Olkhon, dengan pengunjung datang untuk menjelajahi tempat-tempat seperti bukit pasir pesisir dan Desa Peschanaya yang ditinggalkan dan bekas kamp kerja paksa Soviet di dekatnya.

Daerah ini juga terkenal dengan “pohon berjalan,” sebuah fenomena tidak biasa yang menyebabkan angin kencang membuka akar pohon di pantai dan membuatnya tampak seperti orang berdiri.

Ada beberapa pemukiman semi-perkotaan di pulau itu, dengan Khuzir menjadi yang terbesar dan yang menawarkan homestay bagi pengunjung yang ingin menginap.

Tundra, hingga Vladivostok

Tundra Rusia
Ini adalah bioma unik yang hanya ada di atau dekat Lingkaran Arktik. Di sini, suhu sangat dingin sehingga pohon tidak dapat tumbuh, dan hanya ada lumut, semak, serta jenis rumput tertentu yang dapat bertahan dengan musim dingin.

Di sebagian besar tempat, tundra identik dengan permafrost. Daerah ini lapisan atas tanah mencair selama musim panas, rawa-rawa dan sungai akan terbentuk di atas tanah, yang membuat bentuk petak-petak indah air es berwarna-warni.

Tundra Rusia adalah rumah bagi beruang kutub, anjing laut, serigala abu-abu, dan ragam kehidupan burung yang kaya selama musim bersarang.

Selama beberapa dekade terakhir, ekowisata menjadi semakin tertarik pada daerah tundra, terutama Cagar Alam Negara Bagian Arktik Besar di dekat Krasnoyarsk Krai.

Kota Murmansk, di Semenanjung Kola, tidak hanya menawarkan pemandangan tundra yang luar biasa, tetapi juga merupakan tempat yang tepat untuk mengikuti tur melihat Cahaya Utara (Northern Lights) atau Aurora Borealis.

Vladivostok
Terletak di dekat perbatasan dengan Cina dan Korea Utara dan tepat di seberang lautan dari Jepang, Vladivostok adalah kota pelabuhan terbesar di Rusia.

Sebuah pemberhentian utama di rute Kereta Api Trans-Siberia, kota ini sebenarnya terlarang bagi orang asing selama masa Uni Soviet dan sekarang menerima banyak pengunjung asing yang ingin menjelajahinya.

Kota ini memiliki banyak taman dan ruang publik, termasuk Pelabuhan Sportivnaya dengan pantai dan kawasan pejalan kaki yang indah, dan sudut pandang Eagle’s Nest di puncak bukit.

Russky Bridge Vladivostok adalah keajaiban arsitektur yang menakjubkan dan ini merupakan jembatan kabel terpanjang di dunia sepanjang 1.885 meter.

Jembatan ini menghubungkan Vladivostok ke Pulau Russky. Di mana pengunjung akan menemukan Teluk Philippovsky dan pantai berpasirnya yang indah. Serta Voroshilov Battery, sebuah museum militer.

Penggemar sejarah akan mendapat kesempatan untuk menjelajahi Kapal Selam C-56 yang digunakan selama Perang Dunia II. Atau mengunjungi Museum Benteng Vladivostok, yang awalnya dibangun untuk melindungi kota dari potensi serangan dari Jepang.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top