Traveling

Swiss: 12 Fakta yang Bikin Ingin Pindah ke Sana

Ilustrasi Swiss. Dok/Pixabay

SayaAjarkan – Swiss mungkin populer sebagai negeri pegunungan, cokelat, dan jam tangan mewah. Tetapi, sebenarnya masih ada banyak hal lain lagi yang bisa kamu temukan di negara yang indah ini.

Setelah kita sempat membahas 7 Sungai Terpanjang di Swiss, mengutip laman Trafalgar, Berikut 12 fakta menarik lainnya, yang mungkin tidak akan kamu temukan di buku panduan.

12 Fakta Menarik tentang Swiss

Seluruh penduduk dapat tertampung di tempat perlindungan nuklir
Jika perang nuklir pecah, tempat terbaik negara ini, Semua persiapan sangat baik, termasuk tempat perlindungan nuklir yang cukup untuk menampung seluruh penduduk.

Bahkan, undang-undang di sana telah menetapkan bahwa setiap orang memiliki akses ke salah satu tempat perlindungan berlapis baja di gedung mereka, atau gedung di dekatnya.

Pihak militer di sana juga menyimpan bunker artileri yang terisi penuh, tetapi kamu mungkin tidak menyadarinya. Mereka biasanya menyamar sebagai rumah pedesaan yang menawan, tepat di tengah desa.

Terabadikan di Star Wars
Jika cermat, kamu mungkin akan mengenali pegunungan Grindelwald yang spektakuler di latar belakang banyak film Star Wars. Termasuk Attack of the Clones dan Revenge of the Sith.

Puncak bersalju yang menakjubkan itu juga terabadikan untuk menggambarkan planet Alderaan, rumah Putri Leia.

Hewan punya hak
Swiss adalah negara penyayang binatang, dengan beberapa undang-undang yang melindungi hak-hak teman berbulu mereka.

Anjing diperbolehkan di restoran dan juga bisa makan di dalamnya, sementara pemilik beberapa hewan peliharaan harus menyelesaikan kursus tentang cara merawatnya.

Ada juga undang-undang yang menyatakan bahwa hewan sosial harus dipelihara berpasangan.

Negara ini bahkan mengadakan referendum pada tahun 2010 tentang apakah hewan harus memiliki pengacara, namun kalah.

Pegunungan Alpen tidak sepenuhnya milik Swiss
Pegunungan Alpen (pegunungan terbesar di Eropa) adalah salah satu pemandangan paling terkenal di benua itu, dan mungkin yang paling terkenal di Swiss.

Namun, negara ini ternyata mengklaim hanya 13,2% wilayah dari Pegunungan Alpen.

Sebagian lainnya dimiliki Austria sebesar 28,7%. Italia 27,2% dan Prancis dengan 21,4% dari total wilayah pegunungan.

Di luar itu, Pegunungan Alpen masih menjadi sorotan utama untuk setiap perjalanan ke Swiss. Negara ini memiliki 208 gunung yang mengesankan sepanjang lebih dari 3.000 meter, termasuk Matterhorn yang menjulang tinggi.

Kecintaan terhadap cokelat hingga siap perang

Sangat menyukai cokelat
Swiss telah lama dikenal dengan cokelatnya yang enak, tetapi tahukah kamu berapa banyak yang mereka makan?

Jawabannya banyak! Salah satu fakta termanis adalah bahwa negara ini merupakan konsumen cokelat terbesar di dunia. Mereka makan hingga 10,3 kg per orang pada tahun 2018.

Industri cokelat Swiss juga menghasilkan 190.000 ton cokelat senilai US$ 1,7 miliar pada tahun 2018.

Cokelatnya sebagian besar jatuh ke tangan pecinta cokelat di Jerman, Inggris, Prancis, dan Kanada.

Karena merek cokelat Swiss menghasilkan sekitar 40% dari produksi cokelat global dunia, kamu mungkin akan berterima kasih kepada negara ini saat lain kali menyantap sebatang cokelat.

Siap perang
Fakta ini mungkin mengejutkan. Dikatakan bahwa semua titik masuk utama ke Swiss (seperti terowongan dan jembatan) akan meledak pada tanda pertama invasi asing.

Mungkin kamu menganggap orang Swiss paranoid, tetapi dengan ancaman selama dua Perang Dunia dan lokasinya yang dikelilingi oleh lima negara yang berbatasan (Prancis, Jerman, Italia, Austria, dan Liechtenstein), kamu tidak dapat menyalahkan mereka.

Orang hidup lebih lama
Swiss memiliki harapan hidup tertinggi kedua dari semua negara di dunia (setelah Jepang), dengan usia rata-rata 83 tahun. Wanita di negara ini hidup lebih lama lagi, dengan umur rata-rata 85 tahun.

Swiss juga memiliki salah satu populasi tertua di Eropa, dengan jumlah tertinggi orang berusia di atas 100 tahun.

Ada beberapa teori mengapa orang di sin hidup lebih lama, termasuk gaya hidup aktif, udara bersih, dan sistem perawatan kesehatan yang sangat baik.

Tangga terpanjang di dunia dan kereta gantung yang fenomenal

Tangga terpanjang di dunia, dengan 11.674 anak tangga, dapat kamu temukan di sepanjang jalur kereta api gunung Niesen. Tangganya hanya 3,4 km tetapi ketinggiannya 1.669 m untuk didaki!

Jika tidak ingin mendaki lebih dari 11.000 anak tangga, kamu selalu dapat menggunakan Niesenbahn. Ini adalah kereta gantung kabel terpanjang di Eropa dan telah berfungsi sejak 1910.

Niesenbahn akan membawamu dalam perjalanan indah selama 30 menit ke puncak gunung.

Pohon Palem dan Tingkat Kepintaran yang Tinggi

Swiss memiliki pohon palem
Salah satu fakta paling unik tentang Swiss adalah bahwa mereka memiliki pohon palem.

Geografi negara Swiss yang sangat beragam, nampaknya bisa menjadi rumah bagi beberapa iklim mikro di mana tanaman tropis dapat tumbuh subur.

Jadi, itu kenapa kamu akan menemukan pohon palem dan spesies tropis lainnya di kawasan Alpen selatan yang lebih hangat, seperti danau pohon palem di Ticino.

Orang Swiss minum banyak anggur
Apakah anggur adalah rahasia umur panjang orang Swiss? Yang pasti, negara ini menyukai barang-barang itu, menghasilkan sekitar satu juta hektoliter anggur per tahun dan meminumnya sebagian besar.

Swiss berada di urutan keempat di dunia untuk konsumsi anggur tahunan dengan menenggak 36 liter anggur per orang pada tahun 2018.

Swiss memiliki 7.000 danau
Ada ribuan danau yang indah untuk dijelajahi di sini. Danau Jenewa adalah yang terbesar dengan luas 580 km2, meskipun 40,47% danau berada di dalam wilayah Prancis yang populer sebagai Lac Léman.

Danau Neuchâtel adalah danau terbesar di Swiss, dengan luas 218 km2. Perairan liar Swiss biasanya jernih dan cukup bersih untuk diminum.

Banyak orang pintar
Orang Swiss bertanggung jawab atas beberapa penemuan terbesar dunia termasuk Velcro.

Penemunya, George de Mestral, mendapatkan ide tersebut saat berburu di pegunungan Jura pada tahun 1940-an.

Swiss juga merupakan mesin Hadiah Nobel. Negara ini telah menghasilkan 28 Peraih Nobel, mulai dari Henry Dunant yang meraih Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1901, hingga Michel Mayor.

Sumber artikel: https://www.trafalgar.com/real-word/facts-about-switzerland-never-find-guidebook/

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top