Traveling

Palung Mariana, Tempat Terdalam Di Planet Bumi

Palung Mariana. Dok/Bibli Friends

SayaAjarkan – Di suatu tempat antara Hawaii dan Filipina di dekat pulau kecil Guam, jauh di bawah permukaan air, terdapat Palung Mariana, inilah tempat terdalam di lautan.

Palung Mariana sendiri merupakan cekungan berbentuk bulan sabit di dasar Samudra Pasifik. Palung ini memanjang lebih dari 2414 km, dengan lebar rata-rata sekitar 69,2 km dan kedalaman 11,2 km.

Sedikit informasi, 11,2 km adalah tempat terdalam yang ada di bumi.

Sebagai perbandingan, perlu kamu ketahui bahwa sebagian besar kehidupan laut hidup berada di atas kedalaman 182 meter.

Kapal selam nuklir juga hanya mampu menjelajah sekitar 259 meter di bawah permukaan laut. Dan Paus, biasanya sudah tidak terlihat sekitar 2,5 km di bawah permukaan laut.

Pada kedalaman 3,8 km, kamu mungkin akan menemukan situs Titanic yang tenggelam. Pada tingkat ini, hanya ada bakteri dan invertebrata kecil yang mampu bertahan hidup.

Jadi seberapa dalam?

Menurut National Geographic, jika kamu meletakkan Gunung Everest di dasar Palung Mariana, puncaknya masih berada sekitar 2,1 km di bawah permukaan laut. Dalam sekali bukan?

Menjelang ujung selatan Palung Mariana, terletak Challenger Deep yang lokasinya berada di 11 km, di bawah permukaan laut. Lokasi itu menjadikannya titik paling jauh dari permukaan laut, dan bagian terdalam dari Palung.

Sejauh ini, hanya ada 3 penyelam yang pernah menjelajahi Challenger Deep.

Ekspedisi pertama terjadi pada tahun 1960 ketika Jacques Piccard dan Letnan Angkatan Laut Don Walsh mencapai Challenger Deep dengan kapal selam Angkatan Laut AS.

Mereka hanya dapat menghabiskan 20 menit di sana karena tekanan yang ekstrim, dan kedatangan mereka menimbulkan terlalu banyak debu dari dasar laut, sehingga mereka tidak dapat mengambil gambar.

Pengunjung berikutnya datang pada tahun 2012, ketika pembuat film dan penggemar fiksi ilmiah James Cameron, menyelam sendirian ke Challenger Deep dengan kapal selam yang dia rancang sendiri.

Cameron saat itu menghabiskan tiga jam di sana. Dan, tentu saja, sebagai pembuat film besar macam Terminator, Titanic, hingga Avatar, dia tidak akan melewatkan kesempatan untuk merekam video dan mengambil banyak foto.

Namun, tekanan ekstrem itu merusak perlengkapannya. Menurut informasi yang beredar, baterai terkuras, sonar mati, dan beberapa pendorong kapalnya tidak berfungsi, sehingga sulit untuk bermanuver.

Bagaimana Palung Mariana terbentuk?

Palung Mariana tidak sendirian. Ada banyak jaringan parit dalam yang mengukir di sepanjang dasar lautan.

Semuanya adalah hasil dari tabrakan dua lempeng tektonik. Ketika dua lempengan batu yang membentuk permukaan bumi bergerak dan saling bertabrakan, satu lempengan dapat terdorong ke bawah yang lain, sehingga menciptakan parit.

Pada tahun 2009, Presiden George W. Bush mendirikan Monumen Nasional Laut Palung Mariana, yang menciptakan zona lindung AS di sebagian besar Palung.

AS diketahui memiliki yurisdiksi atas sebagian besar parit, karena paling dekat dengan Guam, wilayah AS.

Saat ini, izin penelitian diperlukan untuk berkunjung, jadi tidak sembarangan orang bisa ke sana.

Nah, itu tadi sedikit gambaran mengenai Palung Mariana. Seram bukan? Jangan lupa baca SayaAjarkan, untuk mendapatkan info-info menarik lainnya,

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top