Traveling

5 Tempat Terdingin di Dunia yang Dihuni Manusia

Tempat terdingin. Dok/Pixabay

SayaAjarkan – Ketika beberapa dari kita tengah mengeluh kegerahan, terdapat sejumlah daerah di mana para penduduknya harus berhadapan dengan dingin yang tidak wajar.

Ya! Kota-kota yang terletak di Utara Lingkaran Arktik hingga Kutub, adalah tempat untuk orang-orang tangguh. Bahkan, di beberapa bagian Rusia, Skandinavia, hingga Amerika Utara, suhunya secara teratur turun di bawah nol derajat celsius.

Ini berarti, kamu harus bepergian dengan mobil salju, memiliki sedikit akses ke sumber daya, serta harus bertahan dalam kegelapan selama 24 jam penuh.

Terkait hal ini, berikut lima tempat terdingin di dunia yang masih menjadi tempat tinggal manusia, mengutip dari laman Treehugger.

5 Tempat berpenghuni yang terdingin di dunia

Stasiun Vostok, Antartika
Terletak hampir 800 mil dari Kutub Selatan di tengah Dataran Tinggi Antartika Timur, Stasiun Vostok adalah rumah bagi sekitar 25 hingga 30 orang, yang bertahan selama bulan-bulan musim panas di benua itu.

Dan ketika musim dingin tiba, hanya ada selusin orang pemberani yang mau bertahan di sana.

Suhu terendah yang tercatat di Stasiun Vostok, adalah minus 53,6 derajat celsius. Ini mungkin tampak sudah paling dingin, namun sebenarnya bisa menjadi lebih dingin.

Menurut sebuah studi tahun 2018, suhu di lapisan es-nya, bisa mencapai minus 62.3 derajat Celcius.

Verkhoyansk, Rusia
Menurut sensus tahun 2010, 1.311 orang tinggal di Verkhoyansk, Rusia, jauh di dalam hutan belantara Siberia.

Berdiri sebagai benteng pada tahun 1638, kota ini menjadi pusat regional untuk peternakan sapi dan pertambangan timah dan emas.

Terletak 1.500 mil selatan Kutub Utara, Verkhoyansk juga sempat menampung orang-orang buangan politik antara tahun 1860-an dan awal abad ke-20.

Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), suhu rata-rata selama bulan terdingin di Verkhoyansk, Januari, adalah minus 6,6 derajat celsius.

Suhu rata-rata bulanan, juga tetap di bawah titik beku dari Oktober hingga April.

Sementara suhu terendah resmi kota sepanjang masa, adalah minus 32,2 derajat celsius, tercatat pada Februari 1892,

Uniknya, musim dingin yang sangat dingin di Verkhoyansk, diimbangi dengan musim panas yang terik.

NOAA melaporkan bahwa pada Juni 2020, Verkhoyansk mengalami suhu terpanas yang pernah tercatat di utara Lingkaran Arktik, yakni di angka 38 derajat celsius.

Ada juga di daerah Kanada

Oymyakon, Rusia
Terletak 390 mil jauhnya di timur laut Rusia, Oymyakon bersaing ketat dengan Verkhoyansk untuk iklim terdingin. Oymyakon mencatat suhu terendah minus 32 derajat celsius pada tanggal 6 Februari 1933.

Kedua kota tersebut secara resmi diikat untuk Rekor Dunia Guinness untuk suhu terendah di tempat berpenghuni di Belahan Bumi Utara.

Menurut data sensus tahun 2010, 462 orang menyebut Oymyakon sebagai rumah.

Desa ini dinamai dari mata air panas setempat, yang dinikmati sebagian penduduk selama musim dingin.

Dewan pariwisata Oymyakon menggunakan suhu dinginnya sebagai penarik turis dengan memasang termometer digital untuk merayu wisatawan pada tahun 2017, tetapi hanya setahun kemudian, termometer itu pecah akibat suhu minus yang mencapai 26,6 derajat celsius.

Yakutsk, Rusia
Yakutsk adalah kota pelabuhan Rusia dengan suhu di bawah titik beku pada bulan Oktober, dan tidak naik kembali hingga Mei.

Pada bulan Januari, rata-rata titik tertinggi adalah minus 2 derajat celsius. Sementara suhu terendah yang pernah tercatat di Yakutsk, adalah minus 28,8 derajat celsius. Ini tercatat pada 5 Februari 1891.

Lebih dari 300.000 orang diperkirakan menghuni Yakutsk. Banyak yang mencari nafkah di industri pertambangan di kawasan ini.

Selain itu, kota yang sangat dingin ini juga menjadi rumah bagi banyak teater, museum, dan bahkan kebun binatang.

Snag, Kanada
Gelar kota terdingin di Kanada menjadi milik Snag, sebuah desa di Wilayah Yukon.

Pada tanggal 3 Februari 1947, Snag mencatat suhu minus 27,2 derajat celsius sebagai suhu terendah yang pernah tercatat di benua Amerika Utara.

Suhu rata-rata kota di bulan Januari adalah minus 10 derajat celsius, dan suhu rata-rata bulan Juli adalah minus 14 derajat celsius.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top