Traveling

Nih, Tempat Terbaik di Bumi untuk Melihat Pelangi!

TAHUKAH KAMU: Tempat Terbaik di Bumi untuk Melihat Pelangi. Dok/Pexels

SayaAjarkan – Siapa yang tidak menyukai pelangi? Di mana pun kamu berada, satu sampai dua kali kamu pasti pernah menyaksikannya secara langsung. Biasanya sehabis hujan, atau pada semburan air yang tertiup oleh angin.

Ini merupakan fenomena meteorologi warna-warni hasil refleksi, refraksi, dan dispersi cahaya dalam tetesan air, yang menghasilkan spektrum cahaya yang muncul di langit dalam format busur lingkaran.

Nah, jika kamu menyukainya, ada sebuah tempat yang baru-baru ini menjabat sebagai tempat terbaik di Bumi untuk menikmati keajaiban tersebut.

Dalam studi yang memberikan klaim itu, dinyatakan pula bahwa lokasi tersebut, yakni Hawaii, pantas menyandang reputasi sebagai ibu kota pelangi dunia.

Tempat terindah untuk melihat pelangi

Lewat studinya yang berjudul The Secrets of the Best Rainbows on Earth, Dr. Steven Businger menjelaskan salah satu alasan mengapa Hawaii terpilih.

Jawabannya karena Hawaii terletak pada garis lintang ∼20°LU di wilayah subtropis yang terdominasi oleh sel Hadley. Ini menyebabkan penurunan muka tanah, yang kerap berpadu dengan langit cerah serta angin pasat timur laut.

Cuaca dengan pertukaran angin di Hawaii sendiri, dicirikan oleh hujan konvektif dengan langit cerah di antara hujan.

Menurut penelitian, jarak antara hujan cukup untuk memungkinkan sinar matahari mencapai bawah hujan. Hal inilah yang pada akhirnya menghasilkan kondisi optimal untuk penampakan pelangi.

Kemudian, saat malam hari tiba, permukaan laut yang hangat memanaskan konveksi dari bawah, sementara radiasinya mendinginkan puncak awan. Fenomena tersebut dipercaya akan menghasilkan hujan yang lebih deras di pagi hari, yang akan menghasilkan pelangi pagi.

Di luar itu, faktor penting lainnya, adalah karakter pegunungan dari Kepulauan Hawaii itu senditi.

Menjadi bagian dari budaya di Hawaii

Businger, seorang ilmuwan atmosfer di University of Hawaii di Mānoa, mengatakan bahwa pelangi telah menjadi bagian dari budaya di tempat ini. Mulai dari nyanyian dan legenda Hawaii, di plat nomor, nama tim olahraga Hawaii, hingga bisnis lokal.

Hal tersebut tercermin dari banyak kata dan frasa untuk menggambarkan berbagai manifestasi di sana. antara lain pelangi yang menempel di Bumi (uakoko), batang pelangi yang berdiri (kāhili), pelangi yang nyaris tak terlihat (punakea) dan moonbows (ānuenue kau pō).

Hmm… Tertarik untuk melihatnya langsung dari Hawaii?

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top