Traveling

Misteri Gunung Kailash, Belum Terpecahkan Hingga Kini!

Gunung Kailash. Dok/Pexels

SayaAjarkan – Gunung Kailash adalah salah satu gunung yang tersebar di seluruh India dan Tibet. Gunung ini diyakini sebagai tempat tinggal suci Dewa Siwa. Ia konon tengah menjalani meditasi abadi bersama dengan permaisuri Parvati, dan kendaraan kesayangannya Nandi.

Gunung Kailash juga dianggap sebagai tempat tinggal Buddha oleh umat Buddha. Para pengikut Jainisme pun percaya bahwa dari sinilah Rishabh, penyebar agama, mencapai pencerahan.

Ada beberapa aktivitas misterius yang terlihat di puncak ini dan yang menarik di antaranya adalah belum ada yang bisa mencapai puncak gunung Kailash hingga hari ini.

Sesuai teks kuno, dikatakan bahwa tidak ada manusia yang diizinkan berjalan di puncak Gunung Kailash, di mana di antara awannya, terdapat rumah para dewa.

Menurut mitos tersebut, barang siapa yang berani naik ke puncak gunung untuk melihat wajah para dewa, akan mendapatkan hukuman mati.

Misteri Gunung Kailash

Mengalami Perjalanan Waktu yang Tak Lazim
Mereka yang naik gunung suci ini, mengklaim bahwa mereka telah melihat pertumbuhan yang cepat, terutama pada kuku dan rambut.

Pertumbuhan kuku dan rambut yang membutuhkan waktu sekitar 2 minggu dalam kondisi normal, berlangsung di sini hanya dalam waktu 12 jam.

Menurut sains, udara pegunungan berkontribusi pada proses penuaan yang cepat.

Jalurnya Berubah-ubah
Konon, mendaki hingga puncak sangatlah sulit. Mitosnya, saat menuju puncak, para pendaki tiba-tiba akan bergerak ke arah yang berlawanan, atau akan menyaksikan kondisi cuaca buruk, yang memaksa mereka untuk turun, dan bahkan tidak pernah kembali.

Hampir semua perjalanan ke puncak oleh para pendaki tidak pernah berhasil sampai saat ini.

Salah satu yang berhasil, adalah bikkhu Buddha Tibet abad ke-11 bernama Milarepa. Ia berhasil karena mengubah tujuannya, dan cenderung memblokir jalur yang menyesatkan para pendaki.

Poros Tengah Dunia?
Sejumlah besar penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Rusia dan Amerika percaya bahwa puncak gunung suci ini adalah pusat dunia dan dikenal sebagai sumbu mundi.

Dikatakan juga puncak ini terhubung dengan beberapa monumen lain di seluruh dunia, seperti Stonehenge dan Kutub Utara yang jaraknya persis 6666 km dari lokasi tersebut, dan Kutub Selatan yang berjarak 13332 km dari puncak.

Ya! Gunung Kailash, dianggap sebagai poros kosmik atau pohon dunia.

Misteri-misteri lain yang tak kalah ngeri

Penghubung antara Langit dan Bumi
Empat sisi Gunung Kailash menghadap ke empat arah mata angin.

Menurut kitab Weda, gunung ini merupakan penghubung antara langit dan bumi.

Para pengikut agama Hindu, Buddha, dan Jain percaya bahwa puncak tersebut adalah pintu gerbang menuju surga.

Pandawa bersama Dropadi, diyakini telah mencapai moksha saat mendaki puncak, dengan salah satu dari mereka jatuh sebelum mencapai puncak.

Formasi Swastika
Saat matahari terbenam, gunung tersebut dikatakan membentuk bayangan, yang sangat mirip dengan simbol agama Swastika, yang dianggap sebagai tanda keberuntungan di kalangan umat Hindu.

Kasus ini mirip dengan Om Parvat, satu lagi gunung misteri yang belum terpecahkan dan menarik, karena salju turun di puncaknya dan berbentuk Omkara, simbol suci umat Hindu.

Piramida Buatan Manusia?
Ilmuwan Rusia percaya bahwa Gunung Kailash bukanlah gunung karena terlalu sempurna dan simetris untuk dianggap sebagai kejadian alam.

Seluruh puncak memiliki kemiripan yang mencolok dengan katedral dan sisi-sisinya sangat tegak lurus yang membuatnya tampak seperti piramida.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top