Otomotif

Tips Merawat Mobil Baru Bagi Pemula

Tips merawat mobil untuk pemula. Credit photo: Groupon.com

Sayaajarkan – Di beberapa negara, termasuk di Indonesia, mobil adalah alat transportasi yang diidam-idamkan banyak orang. Namun, memiliki saja rasanya tidak cukup. Kita juga dituntut untuk mengetahui cara merawat mobil supaya kendaraan roda empat kesayangan kita bisa tetap prima setiap saat. Jangan sampai nantinya malah menjadi rewel dan merugikan kita.

Nah, jika di antara kita ada yang baru saja memiliki mobil baru, mungkin tips dari kami ini dapat membantu untuk merawat dengan baik.

Tips Merawat Mobil Baru Supaya Awet

Pilih bahan bakar tepat

Saat ini di pom bensin PERTAMINA terdapat beberapa pilihan bahan bakar, seperti Pertalite dan Pertamax. Pilih bahan bakar sesuai dengan nilai oktan yang disarankan oleh pabrik mobil

Apa itu nilai oktan? Nilai Oktan adalah angka yang menunjukan besarnya tekanan yang dapat diberikan sebelum bahan bakar terbakar secara spontan. Semakin tinggi nilai oktannya, semakin lambat BBM terbakar.

Manfaatnya untuk mesin kendaraan kita adalah pembakaran tidak meninggalkan residu pada mesin yang bisa mengganggu kinerjanya. Biasanya nilai oktan paling tinggi itu Pertamax Plus, Pertamax, Pertalite, dan terakhir Premium.

Selain merawat, hindari juga kebiasaan-kebiasaan yang nantinya bisa merusak mobil. Credit photo: tim-bhp.vom
Selain merawat, hindari juga kebiasaan-kebiasaan yang nantinya bisa merusak mobil. Credit photo: tim-bhp.vom

Perawatan Aki

Cek kondisi air aki berada pada level yang seharusnya di atas garis terendah dan di bawah garis tertinggi (tanda garis), jika kurang maka tambah sampai level yang dianjurkan, gunakan air murni (suling) atau air aki. Pastikan juga tegangan aki adalah 12 volt, cara cek adalah dengan voltmeter.

Cek kutub-kutub negatif dan positif pada aki karena sering kotor akibat reaksi kimia. Selalu bersihkan jika terlihat kotor agar arus listrik yang disalurkan oleh aki tidak tersendat.

Perawatan oli

Oli mobil memiliki batas penggunaan tertentu, tiap berapa kilometer oli harus diganti. Secara umum oli mesin bisa bertahan sampai 5.000 hingga 10.000 kilometer. Jika oli terlalu lama tidak diganti maka kotoran-kotoran yang terlarut dalam oli semakin banyak. Jumlah oli juga harus selalu dicek agar mesin tidak kekurangan oli.

Tanda oli harus diganti bisa dicek dengan mencabut stick oli untuk mengetahui volumenya dan merasakan setetes menggunakan jari apakah olinya masih bersih atau tidak.

Isi air radiator

Radiator berfungsi sebagai pendingin mesin. Tambahkan air bersih pada radiator hingga penuh sebelum melakukan perjalanan yang relatif jauh. Jangan menggunakan air kotor karena akan menimbulkan kerak dan harus membersihkannya.

Merawat ban

Merawat ban mobil sebenarnya cukup mudah yakni dengan menjaga tekanan angin ban dan setelan kaki-kaki yang tepat. Ban yang dirawat dengan baik bisa memperpanjang umur ban sehingga tidak mudah getas.

Nah, itu tadi tips awal merawat kendaraan baru kita. Kalau baru berencana beli, jangan lupa cek artikel mengenai mobil terbaru dan daftar 5 mobil bekas di bawah 100 juta

Sumber:
– https://www.mobilku.org/2014/08/tips-merawat-mobil-untuk-pemula.html
– https://www.finansialku.com/perawatan-mobil-cara-merawat-mobil/
– https://otospector.co.id/5-tips-sederhana-merawat-mesin-mobil-bagi-pemula/

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x