Otomotif

Spesifikasi Mobil Dinas Para Mentri Jokowi

Sayaajarkan – Para Mentri Jokowi di Kabinet Indonesia Maju sudah mulai dapat menikmati fasilitas mobil dinas mereka yang baru. Adapun mobil yang digunakan untuk Kabinet Indonesia Maju ini adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Execuctive. Mobil ramah lingkungan ini digunakan oleh para Menteri Kabinet Indonesia Maju dengan masa jabatan 2019-2024. Selain itu pejabat Setingkat Menteri, Pimpinan Lembaga Negara, Mantan Presiden, dan Mantan Wakil Presiden juga akan menggunakan mobil ini. Sehingga bila di total jumlahnya mencapai 101 unit.

Penasaran dengan spesifikasi mobil dinas Mentri Kabinet Indonesia Maju ? Yuk kita simak spesifikasinya di bawah ini

Spesifikasi

Dimensi Mobil Dinas Mentri Kabinet Indonesia Maju
Credit Photo: otomotif.kompas.com

Toyota Crown 2.5 HV G-Execuctive merupakan bagian dari generasi ke-15 Toyota Crown yang mulai dihadirkan pada tahun 2018. Toyota Crown 2.5 HV G-Execuctive adalah varian mobil hybrid dari Toyota Crown, sesuai dengan kodenya HV (Hybrid Vehicle). Mobil memiliki panjang 4.910 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.455 mm. Sementara, jarak sumbu rodanya 2.920 mm. Dibekali mesin A25-FXS yang berkapasitas 2.487cc 4 silinder Dynamic Force Engine Hybrid System. Tenaganya keseluruhannya diklaim mencapai 223 HP dengan torsi 221 NM. Sementara untuk tenaga listrik, mengaplikasikan electric motor dengan power 143 PS dan torsi 300 Nm sejak pedal gas diinjak. Menggunakan transmisi Electronically Controlled CVT dan sistem penggerak all wheel drive. Sedangkan untuk baterai memakai jenis Nickel-metal Hydride (Ni-MH).

Sinergi motor listrik dan motor bakar yang dilakukan lewat kendali HSD II membuat mobil dengan radius putar 5,3 meter ini mencatat konsumsi bensin yang efisien. Menggunakan standar pengetesan JC08, konsumsi bahan bakarnya sekitar 20,8 km/L. Selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar, Toyota Crown juga memiliki emisi yang rendah yaitu 112.0 g/km.

Interior

Interior Mobil Dinas Mentri Kabinet Indonesia Maju
Credit Photo: otomotif.kompas.com

Di bagian dashboard, terdapat dua layar Data Communication Module berukuran 8 dan 7 inci yang berfungsi mengatur beragam fitur mobil. Stir dengan berbagai fiture pengontrol, dan kabin yang pastinya tampak mewah nan elegan dengan penggunaan aksen kayu.

Mobil ini juga menggunakan jok kulit kualitas terbaik yang, semakin menambah kemewahan Toyota Crown 2.5 HV G-Execuctive. Untuk kursinyapun sudah menggunakan pengaturan elektik. Sementara untuk starternya sudah menggunakan start-stop button pastinya.

Mobil ini telah dilengkapi dengan AC baris kedua, sehingga dapat dipastikan penumpang yang duduk di kursi belakang tidak akan kegerahan.

Fitur Keselamatan

Untuk fitur keselamatan, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid dilengkapi perangkat safety SRS airbag. Airbag ini terletak pada driver and passenger seat, driver knee, driver and passenger side, dan curtain shield pada kabin depan dan belakang. Ditambah penggunaan sasis Toyota New Global Architecture (TNGA) yang mengusung tiga pilar yakni Agility, Stability, dan Visibility yang berfungsi memperkuat struktur sasis hingga meningkatkan performa kendaraan pada titik terbaiknya.

Toyota juga menerapkan rangkaian fitur canggih yang disebut Toyota Safety Sense II. Adapun fitur yang terdapat pada Toyota Safety Sense II antara lain. Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) yang berfungsi untuk mengatur kecepatan dan menjaga jarak kendaraan. Lane Tracing Assist (LTA) yang membantu kendaraan tetap pada lajurnya. Lane Departure Alert (LDA) yang berfungsi memberikan peringatan dan mengkoreksi kemudi jika mobil melebar hingga memotong jalur. Automatic High Beam dan Adaptive High Beam System sebagai pengatur otomatis lampu jarak jauh. Sisitem ini akan menyalakan lampu jauh untuk meningkatkan jarak pandang dan mengembalikannya ke lampu utama ketika ada kendaraan di depan. Ada juga fitur yang berfungsi membaca tanda batas kecepatan, Intelligent Clearance Sonar, dan Rear Cross Traffic Auto Brake.

Untuk pertama kalinya, Toyota juga mengadopsi fitur Rear Pedestrian Support Brake. Ada juga fitur Pre-Collision System (PCS) untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil seperti pejalan kaki dan pesepeda. Blind Spot Monitor (BSM), dan Tire Pressure.

Harga

Untuk harga Toyota Crown 2.5 HV G-Execuctive di negara asalnya adalah 6.323.400 Yen atau setara dengan Rp 859 jutaan. Pastinya harga ini akan bertambah setelah masuk ke Indonesia. Astra memenangkan tender pengadaan mobil dinas Mentri ini dengan angka Rp147,23 miliar untuk 101 unit. Harga tersebut termasuk Biaya Service dan Sparepart untuk 5 tahun kedepan yang dilakukan melalui Auto 2000 yang juga kepunyaan Astra.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x