Otomotif

Tips Merawat Motor saat Musim Hujan

Hati-hati ya saat mengendarai motor ketika hujan. Dok: Motorcycle-central

Sayaajarkan – Enggak cuma hewan peliharaan saja lho yang harus dirawat, motor yang kita pakai juga harus diurus dengan baik.

Mengingat musim hujan, pengendara sepeda motor wajib melakukan perawatan secara ekstra tidak hanya di bagian luarnya saja, tetapi juga di bagian dalamnya.

Saat hujan tiba dan deras, akan ada kemungkinan air masuk ke dalam knalpot. Motor yang menerjang hujan, apalagi saat banjir juga berisiko mesinnya terisi oleh air.

Kalau tidak dibersihkan secepat mungkin, maka dapat performanya akan menurun.

Nah, lalu apa saja sih yang harus kita perhatikan dalam merawat motor saat hujan ? Yuk Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Tips merawat roda dua saat hujan

Mencuci

Hal yang paing mudah dan simple adalah mencuci kendaraan setelah hujan-hujanan, supaya besi-besi di motormu tidak berkarat.

Kalau kita malas mencuci atau mengelapnya dengan lap kering, cat motornya bisa memudar lho karena air hujan mengandung zat asam.

Mengganti Oli

Jika biasanya kita mengganti oli 2 bulan sekali, di musim hujan kamu boleh melakukannya sebulan sekali. Jarang mengganti oli bisa membuat motor kamu mogok lho. Parahnya lagi, kalau oli di dalam mesin habis, mesin pun akan mati total sehingga kita harus mengganti mesinnya.

Periksa kanvas rem dan piston cakram rem

Kanvas rem terbuat dari bahan asbes sehingga jika terkena air maka akan menggelembung dan mengeras. Untuk itu, setelah kita cuci, sebaiknya sering menginjak pedal rem agar kanvas rem kering. Jika tidak. takutnya akan terasa keras saat menginjak pedal rem.

Sementara itu, di bagian cakram rem ,sebaiknya rutin melakukan pembersihan karena cakram rem bersifat terbuka dan ketika menerjang genangan air atau banjir, kotoran akan menempel di sana.

Kalau menerjang banjir seperti ini, kendaraanmu berisiko mogok. (Sumber: AP Photo/Natacha Pisarenko)

Jangan lupakan rantai dan ban motor

Memastikan kondisi rantai dalam keadaan baik

Rantai yang tidak karatan sudah pasti menghasilkan rasa berkendara yang aman dan nyaman. Rantai kendor berbahaya lho jika melaju saat hujan, jadi pastikan setelannya sudah oke sebelum berangkat ya.

Air hujan yang mengguyur bagian dalam motor akan menimbulkan karat, khususnya pada rantai motor. Apalagi jika motor tidak menggunakan penutup rantai, hal ini akan membuat rantai rentan karatan akibat air hujan.

Membersihkan busi dan periksa gas pada ban

Busi menjadi salah satu komponen vital yang perlu kita perhatikan saat musim hujan. Setelah membersihkan kendaraan, cobalah mencabut karet penutup busi kemudian tiup atau bersihkan dengan lap.

Ini penting, karena busi basah akan menghambat pengapian ketika dinyalakan.

Setelah itu, lakukan pengecekan tekanan gas pada roda motor. Jika tekanan udara ban kurang, permukaan ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan akan menjadi semakin banyak. Akibatnya, tarikan menjadi berat dan ban motor menjadi semakin tipis atau gundul.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x