Otomotif

Mobil Sering Menembus Hujan? Begini Cara Merawatnya

Mobil sering dipakai menembus hujan? Begini cara merawatnya. Sumber foto: CarFab.com

Saya Ajarkan – Merawat mobil saat hujan sebenarnya bukan hal yang sulit, hanya mau dan tidak-nya saja. Intensitas pemakaian yang tinggi saat hujan bisa memberikan dampak negatif bagi mesin atau bagian bawahnya.

Salah satunya risikonya adalah besi di bawah menjadi keropos karena karatan. Jangan lupakan juga LED kendaraan yang akan berpengaruh terhadap kenyamanan pandangan kamu saat berkendara di tengah hujan.

Kondisi mobil yang kotor biasanya juga dapat menyebabkan jamuran, lembab atau kaca dan lampu spion yang menguning. Untuk itu, perawatan khusus atau intens saat hujan sangatlah penting.

Siapa bilang merawat Mobil harus selalu ke bengkel?

Yang perlu kita ingat, Merawat mobil tidak mesti harus ke bengkel atau menghabiskan uang yang cukup banyak kok. Kamu bisa memakai cara rumahan yang murah, seperti yang akan Saya Ajarkan berikut ini:

Yang pertama, dengan selalu membilas kendaraan kesayangan kamu setelah memakainya, agar kotoran yang menempel jadi mudah bersih dan hilang. Ini karena bekas noda atau tanah kering yang menempel belum terlalu kering.

Selain itu, jika kamu menyimpan mobil di tempat yang kena hujan secara langsung, maka sebaiknya tutup menggunakan cover rain. Ingat! Hujan dapat menyebabkan karat tidak hanya pada mesin, tapi juga handle pintu atau side-side kaca.

Untuk membilas mobil atau mencucinya, kamu bisa menggunakan air biasa saja, dan mengelapnya sampai kering.

Menjaga mesin dan bodi agar tetap prima

Mesin adalah komponen utama yang yang membuat mobil dapat menyala. Oleh karena itu, saat hujan kita perlu mengecek kerapatan kap mesin agar air hujan tidak masuk atau rembes ke dalam-nya.

Selain mesin, hal yang kecil namun patut kita perhatikan adalah karet kaca mobil. Karet kaca yang sudah berumur bisa membuat air hujan tertampung di sela–sela antara kaca dan body, yang akan menciptakan karat di sana.

Hal ini jangan dianggap remeh ya, karena bisa menyebabkan bodi mobil keropos dan membuat air hujan masuk ke dalam ruang kabin.

Yang terakhir, adalah perawatan bodi. Jika didapati ada bagian bodi yang mengeropos, langsung lakukan perbaikan, dengan cara memotong bagian plat yang keropos dan menggantinya dengan plat baru.

Usahakan untuk memperbaikinya dengan segera, agar karat yang timbul tidak melebar pada bagian bodi lainnya.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x