Otomotif

Tips Lindungi Eksterior dan Interior Mobil dari Panas Matahari

Interior mobil. Dok/Wuling.id

Sayaajarkan – Tahukah kamu? Di bawah matahari dalam jangka waktu lama, suhu di dalam mobil bisa mencapai 60 derajat Celsius, dan suhu bodi luar mobil bisa mencapai 90 derajat Celsius. Kebayang kan apa yang bisa terjadi pada eksterior dan interior mobilnya?

Yang cukup bikin kita was-was, mobil pribadi tidak dirancang oleh produsen untuk tahan panas. Baik itu mobil baru maupun mobil bekas.

Keduanya membutuhkan perawatan dan perlindungan terhadap paparan sinar matahari.

Pasalnya, ketika suhu panas dari matahari meningkat, bukan hanya eksterior dan interior mobil yang terpengaruh, mesin dan aki pun bisa ikut-ikutan rusak.

Jadi, bukan hanya kulit kita saja yang membutuhkan perlindungan dari panas matahari dan sinar UV yang berbahaya. Tapi, mobil pun memiliki kebutuhan perlindungan yang sama.

Sejauh ini, ada beberapa cara praktis untuk melindungi mobil kita selama musim panas. Sini saya ajarkan satu persatu.

Tips melindungi eksterior mobil

Usahakan parkir di tempat teduh

Banyak orang sering meninggalkan mobil diparkir di bawah sinar matahari langsung, terutama ketika sedang terburu-buru.

Luangkanlah waktu ekstra sekitar 2-5 menit untuk menemukan tempat teduh saat memarkir mobil di suatu tempat.

Dengan cara ini, mobil bisa lebih dingin dan penghalang fisik akan membantu menghalangi sinar UV hingga 100%.

Cuci dan keringkan mobil sesering mungkin

Mencuci mobil secara rutin membantu menghilangkan puing-puing, mineral, dan bahkan serangga mati yang menempel di permukaan luar mobil.

Jika tidak sering dirawat, mineral dan serangga mati ini dapat bereaksi dengan panas tinggi dari matahari dan menyebabkan cat memudar.

Cara terbaik adalah mencuci mobil dengan sampo mobil, bukan deterjen biasa. Cuci mobil sesering mungkin dan keringkan dengan tangan menggunakan kain mikrofiber lembut.

Waxing mobil

Melakukan waxing pada mobil seperti memanjakan mobil dengan tabir surya melawan sinar ultraviolet. Ini tak hanya membantu mengunci minyak alami dengan cat, tetapi juga memberi perlindungan tambahan dari efek berbahaya matahari.

Sebaiknya usahakan memoles mobil, setidaknya dua kali setahun untuk merawat bagian eksteriornya.

Coating mobil

Coating cat mobil adalah salah satu investasi terbaik untuk eksterior mobil. Ini akan membantu menjaga permukaan luar mobil untuk waktu yang lama. Dengan coating, cat mobil akan awet dan nilai mobil bisa meningkat. Selain itu, juga bisa melindungi mobil dari goresan kecil, debu, dan kotoran.

Periksa tekanan ban secara teratur

Mengendarai mobil secara terus-menerus di bawah panas matahari dapat membuat ban mudah kempes sehingga lebih mudah meledak atau pecah.

Yang terbaik adalah memeriksa kondisi ban sebelum musim panas, kemudian menindaklanjuti dengan pemeriksaan rutin bulanan.

Gunakan angin nitrogen pada ban untuk meminimalisir kerusakan ban.

Interior mobil

Tips melindungi interior Mobil

Pelindung kaca depan

Pelindung kaca depan adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi interior depan mobil dari panas tinggi dan sinar matahari.

Dasbor dan setir mobil permukaannya bisa rusak, jika terlalu sering terkena sinar matahari langsung saat parkir dalam waktu lama.

Pakai kaca film

Warna kaca film yang dipasang pada jendela mobil bisa menghalangi sinar termal yang memungkinkan sinar matahari mengantarkan panas.

Berinvestasilah pada kaca film yang bagus. Semakin baik kaca film maka akan semakin besar panas yang ditolak untuk masuk ke interior mobil.

Bersihkan interior mobil secara teratur

Musim panas menyebabkan banyak debu yang mudah masuk ke dalam interior mobil saat pintu atau jendela dibuka. Pastikan untuk membersihkan interior mobil secara teratur untuk menjaganya dalam kondisi yang baik.

Selalu gunakan deterjen khusus otomotif, karena deterjen rumah tangga dapat merusak interior mobil.

Rawat dasbor mobil

Dasbor adalah salah satu komponen terpenting dari interior mobil. Debu dan kotoran dapat menyebabkan goresan dan panas bisa menyebabkan kekeringan dan keretakan.

Bersihkan secara teratur dengan menggunakan cairan khusus dasbor dan kain mikrofiber.

Pasang sarung jok

Tidak ada salahnya untuk berinvestasi pada sarung jok selain kaca film. Sarung jok bisa membantu menjaga jok mobil tetap bersih dengan melindunginya dari noda serta melindungi dari keausan.

Tapi yang paling penting, sarung jok yang bagus bisa membantu menjaga jok tetap dingin di musim panas.

Gunakan kondisioner untuk melindungi jok kulit

Gunakan kondisioner khusus jok kulit jika memang terbuat dari kulit. Jok kulit cenderung mudah retak dan sobek akibat paparan sinar matahari.

Memoles jok kulit dengan kondisioner secara teratur akan membantu menjaganya tetap dalam kondisi baik.

Biarkan jendela terbuka sedikit

Biarkan jendela terbuka sedikit saja, agar udara segar bisa beredar di dalam. Ini akan membantu mengurangi suhu internal mobil dan juga panas pada jok dan dasbor mobil.

Nah, itulah beberapa tips praktis dalam merawat dan melindungi eksterior dan interior mobil dari paparan sinar matahari langsung.

Ingat, selalu lebih baik untuk mengeluarkan sedikit dana di awal sebagai tindakan pencegahan dan pemeliharaan, daripada harus mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x