Otomotif

Ban Mobil Cepat Kempes? Waspadai Hal Ini

Ban mobil. Dok/Axle Addict

SayaAjarkan – Mengendarai kendaraan bermotor atau mobil dengan ban yang kurang angin atau kempes pasti sangat tidak nyaman.

Kenekatan semacam ini juga bahkan punya risiko yang tak main-main lho. Itu kenapa kita wajib ngecek kondisi ban setiap mau berkendara ke suatu tempat.

Nah, ngomong-ngomong soal ini, hal yang sangat mendasar tentang berkendara adalah kewajiban untuk mengecek kondisi angin yang ada pada ban mobil, minimal dua minggu sekali ataupun sebulan. Semuanya tergantung pemakaian kita.

Sayangnya, masih banyak yang belum tahu bahwa melakukan hal ini adalah penting.

Berikut beberapa penyebab ban mobil cepat kempes. Dan sini saya ajarkan untuk mengecek-nya

Penyebab ban mobil kurang angin

Bocor Halus
Ban bocor tidak mesti harus pecah atau meletus sperti balon, tapi juga bisa karena bocor halus.

Hal ini bisa terjadi karena pori-pori atau ban depan kendaraan kita sudah aus atau sudah tipis. Jadi saat berjalan di jalanan berbatu dan bergesekan, jadinya sobek sedikit dan mengakibatkan udara bocor.

Suhu Dingin
Hal berikut ini sedikit aneh buat orang awam tapi memang betul betul terjadi, biasanya karena suhu dingin yang ada di parkiran mobil, yang dapat mempengaruhi suhu dingin yang tidak sebanding dengan tekanan gas. Well, belajar fisika sedikit enggak apalah ya.

Jadi ketika suhu dingin datang, udara di dalam ban akan ikut turun. Inipada akhirnya membuat karet ban mengalami pengerutan antara ban dan pelek.

Pentil Ban Rusak
Penyebab selanjutnya bisa berasal dari pentil ban yang sudah mulai rusak. Pentil ban yang rusak harus ganti dengan yang baru.

Jika didiamkan, maka udara yang akan dimasukkan ke dalam ban selalu keluar dan tidak akan bertahan lama.

Pelek yang Rusak
Ban kempes yang lain bisa saja berasal dari kerusakan pelek, karena mobil sering menghantam lubang di jalan dengan kecepatan tinggi.

Sebab lainnya, adalah karena pelek berkarat dan menimbulkan lubang, terutama pada pelek besi atau non-alloy.

Nah, yuk sering cek mobil kita sebelum jalan-jalan. Enggak cuma dipanasin dan dicek bannya, kamu juga bisa mengecek kondisi lainnya supaya aman di jalan, dan selamat sampai tujuan, apalagi kalau mau berkencan ya. Happy driving fellas.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x