Otomotif

Motormu Pakai Pertalite atau Pertamax? Perhatikan 3 Hal Ini!

Pertalite atau Pertamax?

Sayaajarkan – Pertalite atau Pertamax ya? Apakah kamu pernah berpikir soal bensin apa yang paling baik dan cocok untuk motor kamu? Apakah semakin mahal semakin bagus?

Sepeda motor kita baik itu bebek, matic, maupun sport tak boleh diisi bensin sembarangan. Salah-salah, kedepannya bisa berakibat fatal.

Setiap mesin sudah memiliki spesifikasinya masing-masing, yang dirancang untuk bekerja dengan bahan bakar tertentu supaya maksimal. Nah apakah motor kita sudah cocok dengan bensinnya?

Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum mengisi bensin. Berikut rangkumannya!

Cocokan kompresi motor dengan oktan bensin

Mengisi bahan bakar bukan sekedar perkara murah atau mahalnya harga. Saat kita membeli sepeda motor tentu kita akan mendapatkan buku manual. Di dalam buku tersebut tertulis berapa kompresi kendaraan kita dan bensin dengan oktan berapa yang harus dipakai.

Bensin dengan angka oktan atau RON (Research Octane Number) minimal 92 direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi radio 10:1 hingga 11:1. Sepeda motor yang sebaiknya dişisi dengan Pertamax misalnya motor sekelas Yamaha V-Xixion dan NMAX.

Sedangkan motor dengan kompresi 9,5-10:1, aman menggunakan bensin sdengan RON dibawah Pertamax seperti Pertalite. Motor yang cocok menggunakan Pertalite misalnya Honda BeAT Series hingga Yamaha Mio S Smart.

Sedangkan Pertamax Turbo meskipun mahal, tidak akan maksimal bila dipakai oleh motor-motor tersebut.

Tidak direkomendasikan gonta-ganti jenis BBM

Sebisa mungkin hindari mengisi bensin dengan jenis BBM yang berbeda-beda. Gonta-ganti bensin dapat memengaruhi performa mesin dalam jangka panjang.

Pasalnya, tiap jenis BBM memiliki kandungan senyawa yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan karakteristik mesin motor. Penumpukan kerak di ruang bakar bisa terjadi lebih banyak bila kita menggonta-ganti jenis BBM. Alhasil, pembakaran pun tidak sempurna dan konsumsi bahan bakar bisa lebih boros karena terbuang akibat tidak cocok dengan spesifikasi mesin.

Pilih Pertalite dan Pertamax?

Jangan mengoplos jenis BBM dengan oktan berbeda

Sebagian orang berasumsi dengan mengoplos jenis BBM tertentu maka akan mendapatkan performa mesin tertentu pula. Padahal, perhitungan RON tidak sesederhana itu.

Setiap jenis BBM sudah diracik sedemikian rupa supaya memenuhi mencapai hasil tertentu. Asal mengoplos BBM dengan angka oktan berbeda justru bisa menurunkan kualitas bahan bakar dan performa yang diharapkan pun tidak tercapai sehingga hanya buang-buang uang.

Kalau motor kamu pakai bensin apa? Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus atau bahkan Pertamax Turbo?

Baca juga:

Motor Matic Ingin Awet? Begini Tips Merawatnya

Tips Merawat Motor saat Musim Hujan

Motor Telat Ganti Oli? Ini Bahaya yang Harus Kamu Tahu

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x