Otomotif

Ini dia Komponen Motor yang Harus Diganti secara Berkala

Ilustrasi motor. Dok/The Kewl Shop

SayaAjarkan – Motor itu ibarat pacar kedua kita, yang mengantar dan menemani kita kemana saja kita pergi. Jika pacar saja bisa kita perhatiin, apalagi motor yang menjadi pendukung kita, harus kita berikan perawatan secara berkala.

Beberapa komponen atau sparepart pada sepeda motor ada yang mempunyai masa kedaluwarsa atau tidak bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

Jika kita tidak menggantinya dalam jangka waktu tersebut maka hal yang tidak kita inginkan bisa saja terjadi. Contohnya seperti motor sulit untuk dihidupkan atau performa mesin tidak maksimal.

Nah, apa saja sih yang harus kita ganti dan rawat secara berkala? Simak yuk

Ganti komponen-komponen motor ini secara berkala

Oli Mesin
Oli mesin ini sangat penting perannya pada sepeda motor, setidaknya oli mesin motor harus kita ganti sebulan sekali atau 2 bulan sekali, tergantung pemakaiannya dan tergantung jarak tempuh yang di lewati.

Enggak mau kan di tengah jalan lagi nge-date mogok? Hehe….

Busi
Busi sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk memantik api agar pembakaran mesin bekerja.

Apabila busi pada sepeda motor sudah kotor atau bahkan melewati batas jarak pemakaian, sebaiknya kita ganti dengan busi yang baru.

Pergantian busi normalnya saat sepeda motor telah digunakan dan sudah menempuh jarak 8.000 km.

Kanvas Rem
Sistem pengereman ini wajib kita cek secara berkala. Kalau kanvas rem-nya sudah menipis atau sudah aus, maka sangat disarankan untuk segera ganti dengan kanvas yang baru.

Kanvas rem menjadi komponen yang harus rutin kita ganti karena berhubungan langsung dengan keselamatan pengendara saat berkendara. Ini penting untuk menhindari kecelakaan yang terjadi karena rem blong atau cengkraman rem yang kurang kuat.

Dari radiator hingga ban

Air Radiator
Air radiator perlu melakukan penggantian setiap 12.000 km atau dalam waktu 1 tahun. Sistem pendingin cairan atau radiator menjadi salah satu komponen penting pada motor.

Perangkat tersebut memiliki fungsi untuk menjaga kondisi mesin agar tetap stabil. Agar kinerja sistem pendingin selalu optimal, maka cek kondisi air raditor secara berkala.

Ban
Mau ban mobil, motor atau kendaraan lainnya, ban selalu jadi komponen yang sangat penting. Ban yang sudah aus mengakibatkan daya cengkraman terhadap jalan berkurang, apalagi kondisi hujan.

Untuk memeriksa keausan ban luar, bisa kita lihat dari indikator keausan ban yang terdapat pada alur ban tersebut.

Indikator tersebut biasanya disematkan di alur ban, sejajar dengan tanda segitiga pada samping ban luar.

Nah, tadi beberapa hal sederhana yang bisa kita perhatikan dalam menggunakan kendaraan bermotor.

Yuk kita rawat secara berkala. Selain untuk keselamatan kita, ini juga penting karena terkait dengan keamanan yang kita bonceng nanti.

safety comes first ya Riders!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x