Otomotif

Tips Antisipasi Kurang Saldo E-Money saat di Tol

SayaAjarkan – Sekarang di manapun pembayaran, baik parkir di mall ataupun akses jalan tol, sudah menggunakan transaksi non tunai atau cashless, yaitu dengan menggunakan uang elektronik atau e-money.

Nah, mungkin beberapa dari kita pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakan karena saldo e-moneynya kurang saat di tol.

Hmm, daripada repot, berikut beberapa tips untuk mengantisipasi hal tersebut. Sini saya ajarkan.

Tips hindari kekurangan saldo saat pakai E-Money

Lakukan Top Up E-Money
Sebelum pergi melakukan perjalanan menggunakan jalur tol, ada bagusnya kita cek dulu saldonya, apakah cukup atau kurang. Kalau cukup, ayo tancap gas, kalau kurang top up dulu ya, supaya tidak membuat kemacetan di tol.

Top up kartu bisa dilakukan di beberapa tempat, seperti mesin ATM, minimarket, ataupun via NFC (Near Field Communication).

Mengecek Saldo setiap Selesai Transaksi
Setelah menggunakan e-money, atau setelah tap di tol gateaway, kita bisa langsung mengecek kembali display tol-nya untuk mengetahui saldonya.

Selain NFC, kita bisa mengecek saldonya dengan melakukan panggilan.

E-Toll contohnya, ketik kode dial 1416#, lalu tekan tombol panggil. Jika sudah muncul menu pop-up, pilih opsi e-Money lalu masukan 16 digit nomor yang ada di kartu e-Toll dan pilih tombol kirim dan tunggu beberapa saat.

Nantinya, akan muncul notifikasi berisi informasi mengenai sisa saldo kamu.

Menekan Tombol Bantuan
Jika sudah terlanjur berada di tol dan saldonya kurang atau tidak ada e-moneynya, maka bisa kita tekan tombol bantuannya.

Tombol tersebut disematkan di gardu yang dipakai untuk membayar tol, tepatnya di dekat tombol untuk mencetak struk pembayaran. Akan ada petugas di garda tol yang datang untuk membantu.

Nah yang paling penting, saat di tol dan mengalami kejadian seperti ini, adalah jangan panik.

Jangan juga terpikir memundurkan mobil untuk pindah gardu karena sangat berbahaya bagi pengendara lainnya.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top