Otomotif

Mau Kredit Mobil tapi Gaji UMR? Ini Caranya

Kredit mobil. Dok/HSR Autos

SayaAjarkan – Buat kamu yang pengin banget kredit mobil tapi gaji UMR, jangan minder. Sayaajarkan bakal kasih tips supaya mimpi punya mobil bisa lekas tercapai.

Saat ini, kita masih berjuang dan bertahan dengan keadaan pandemi. Oleh karena itu mobilitas menggunakan kendaraan umum harusnya bisa kita kurangi, ini kenapa akan lebih aman jika kita mempunyai kendaraan pribadi, baik itu motor ataupun mobil.

Nah, jika kamu tertarik beli mobil tapi gaji masih minim, itu bukan hal yang mustahil kok. Saat ini ada banyak sekali mobil di bawah 100 juta.

Cara cepat untuk kredit mobil

Hidup di kota besar memiliki pengeluaran yang terbilang besar. Baik itu untuk makan, tempat tinggal, dan lainnya.

Untuk mengakalinya, dan bisa lekas mendapatkan kendaraan beroda empat, simak tipsnya berikut ini.

Mengatur Keuangan
Langkah ini penting kita lakukan sebagai step dasar supaya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga bayar kredit mobilnya.

Caranya adalah dengan membagi alokasi gaji per-bulan dengan metode 50-30-20, di mana 50 persen gaji untuk pengeluaran sehari-hari, 30 untuk pelunasan, dan 20 persen untuk tabungan.

Mencari Income Sampingan
Kita bisa pilih pekerjaan sampingan yang ringan, di mana saat ini semuanya bisa online. Kita bisa jadi pekerja lepas atau freelance. Atau bagi yang suka mengajar, bisa buka kelas les private lho.

Memilih Mobil Sesuai Kantong
Tips penting selanjutnya yaitu memilih mobil sesuai dengan bujet. Disarankan memilih mobil jenis LCGC (Low Cost Green Car) yang harganya terjangkau tapi spesifikasinya mumpuni. Contohnya Daihatsu Ayla, Toyota Agya, dan lainnya.

Mobil bekas saat ini ada yang dijual mulai Rp50 sampai 90 jutaan, tapi harus tetap hati-hati dan teliti saat mau membelinya ya.

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan terbaik bagi yang memiliki gaji UMR. Jadi jangan termakan gengsi hingga akhirnya memutuskan membeli mobil yang harganya melebihi gaji, karena nantinya akan memberatkan kalian saat harus membayar cicilan kreditnya.

Tenor juga tak kalah penting

Menyiapkan DP dan Ambil Tenor Panjang
DP mobil harus dibayar minimal 25–30 persen dari harga jual mobilnya. Nah jika mobil yang kita mau harganya Rp 70 juta, DP yang harus dipersiapkan yaitu Rp 17,5 sampai 21 jutaan.

Setelah itu, cobalah ambil tenor panjang agar kreditnya ringan. Tapi jangan terlalu panjang juga ya, karena suku bunganya bisa tinggi. Yang paling bagus adalah mengambil tenor empat atau lima tahun.

Nah, itu tadi beberapa tips mudah untuk punya mobil. Nantinya, terlepas sudah punya ataupun masih mau punya, cobalah untuk tetap jaga aktivitas di luar ruangan ya, karena di manapun kita berada, kita akan bertemu dengan orang lain dan kembali ke keluarga kita.

So stay safe dan patuhi protokol kesehatan yes. Jangan lupa untuk baca terus tips-tips dari Sayaajarkan.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x