Otomotif

Perlu Tahu! Ini Tips Merawat Kopling Mobil

Kopling mobil. Dok/Premi.com

SayaAjarkan – Kopling mobil mempunyai peran yang cukup besar untuk membuat sebuah kendaraan dapat bergerak, baik itu transimisi manual ataupun otomatis.

Sebagai informasi, kopling merupakan komponen yang bertugas menjadi penghubung antara roda gigi transmisi dengan poros engkol. Fungsinya agar roda bisa bergerak menyalurkan tenaga.

Lalu, bagaimana cara kita merawat kopling yang secara tidak langsung akan merawat
mobil kita? Sini saya ajarkan tips-nya.

Mulai Gigi Terendah
Pada mobil manual, kami menyarankan untuk memulai dengan gigi terendah. Karena menggerakkan mobil dari gigi 2 bisa membuat kerja kopling menjadi lebih berat.

Ini lama kelamaan akan membuat plat kopling bisa menjadi aus. Maka dari itu, penting sekali memulai perjalanan dengan gigi 1.

Gunakan Gigi Sesuai
Untuk transmisi otomatis, cobalah untuk menggunakan gigi yang sesuai peruntukkannya. Jangan berjalan menggunakan posisi gigi 2 secara terus menerus.

Lepas Kopling saat Macet
Kebiasaan yang kerap kita dengar adalah menginjak kopling pada saat macet. Ini merupakan salah satu kebiasaan yang salah.

Sebisa mungkin posisikan mobil di gigi N untuk transmisi manual. Kopling yang kita injak dalam waktu lama saat mobil berhenti, lama kelamaan bisa panas dan terbakar.

Jika kita paksakan, maka transmisi akan sulit pindah akibat selip plat kopling.

Nah, itu tadi merupakan berbagai jenis kopling pada mobil yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x