Otomotif

Tips dan Trik: Melepas Karet Grip pada Sepeda Motor

Karet Grip. Dok/Grid.Id

SayaAjarkan – Beberapa orang mengganti karet grip bawaan sepeda motor dengan alasan sudah terlalu licin. Untuk menggantinya, sebenarnya tak perlu pergi ke bengkel, bisa kita akukan sendiri dengan hasil sama seperti pekerjaan montir profesional.

Untuk melepas grip yang menempel pada setang, perlu trik khusus agar tidak merusak grip. Paling mudah memang menyobek grip dengan menggunakan pisau, namun cara ini membuat grip bawaan tak bisa kita gunakan lagi.

Tips mudah melepas karet grip pada motor

Penggunaan kompresor, selain untuk menambah tekanan angin pada roda kendaraan, ternyata bisa untuk melepas hand grip pada setang motor, yang terkadang banyak dari pengendara sulit untuk melakukannya.

Sebenarnya kita hanya memberikan sedikit semprotan angin, lalu sesuaikan dengan alat tambahan yang tersambung ke kompresor.

Langkah bisa kamu lakukan agar handgrip motor bisa terlepas dengan adanya tekanan di lingkar antara setang motor dan handgrip.

Susah? Coba cara yang lebih mudah ini

Trik lain juga bisa kita lakukan sendiri dengan mudah. Caranya, siapkan obeng minus/pipih dengan panjang melebihi grip setang itu sendiri.

Olesi permukaan obeng menggunakan sabun pencuci piring atau sabun cair lainnya.

Selipkan ujung obeng tadi di antara grip dan setang, lakukan perlahan dan memutar, jika terasa kurang, tambahkan lagi sabun agar licin.

Hal ini membuat permukaan dalam grip yang menempel pada setang akan terlepas. Sementara untuk setang motor yang menggunakan jalu atau stabiliser, harus dilepas dahulu sebelumnya.

Ketika permukaan dalam grip sudah tak menempel kuat pada setang, maka grip akan dengan mudah dilepas.

“Demikian sedikit tips untuk melepas handgrip motor.” Mudah banget bukan?

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x