Info Feed

Buku Wajib Baca Bagi Yang Ingin Sukses

buku wajib

Sayaajarkan – Buku adalah jendela informasi yang sangat berguna. Beberapa orang membaca buku fiktif untuk menyelam kedalam dunia fantasi, atau ada juga yang menyukai buku-buku literasi untuk menambah wawasan. Nah, tapi ada beberapa juga yang memiliki buku-buku motivasi agar mereka sukses. Buku wajib yang dapat menjadikan kita orang yang lebih baik dan sukses di masa depan.

Coba duduk dan renungi sebentar, beberapa orang paling sukses yang pernah kita tahu. Kita mungkin akan langsung berpikir bahwa mereka semua mempunyai skill, seperti: terampil dalam berhubungan dengan orang lain, super produktif, dan punya pola pikir yang berbeda dari kebanyakan orang. Atau bagi yang berpikiran lebih sinis, mungkin juga akan berpikir bahwa mereka punya koneksi orang dalam, beruntung, dsb.

Kita boleh saja mengajukan banyak pendapat mengapa mereka bisa sukses. Namun, satu hal yang pasti. Orang-orang sukses berbagi satu sifat umum yang telah menjadi fondasi kesuksesan mereka: MEREKA SUKA MEMBACA. Kebiasaan membaca ini memungkinkan mereka untuk menyerap pengetahuan baru, mendapatkan ide cemerlang, ataupun memandang suatu masalah dari sudut pandang yang baru.

Lantas, dari puluhan ribu buku diluar sana, apakah harus semua dibaca? Tentu saja tidak sobat. Tidak semua buku layak mendapatkan waktu kita yang berharga. Dikutip dari berbagai sumber dan voting, inilah 7 buku wajib yang bisa membawa kita ke level berikutnya.

How To Win Friends And Influence People (by Dale Carnegie)
Buku klasik yang diterbitkan pada tahun 1937 sampai sekarang tetap menjadi fondasi bagi orang-orang sukses seluruh dunia. Tips dan saran-saran di dalam buku ini bahkan masih sama bergunanya pada saat ini seperti saat pertama kali diterbitkan.

buku wajib

Think And Grow Rich (by Napoleon Hill)

Begitu berpengaruhnya sampai John C. Maxwell memasukkan buku ini dalam daftar “Buku Yang Harus Dibaca Seumur Hidup”. (sumber : http://www.johnmaxwell.com/downloads/jm_lifetimebooklist.pdf). Di dalam buku ini, terdapat 13 prinsip utama untuk mencapai kesuksesan. Di antaranya Desire (hasrat), Faith (keyakinan), Persistence (keteguhan hati), dan 12 prinsip lainnya.

buku wajib

The 7 Habits of Highly Successful People (by Stephen Covey)

Dr. Stephen R. Covey memperkenalkan apa yang disebut sebagai “Pergeseran Paradigma” – sebuah perubahan dalam persepsi dan interpretasi tentang bagaimana dunia bekerja. Prinsip yang memberi kita keamanan, kekuatan dan kebijaksanaan untuk beradaptasi terhadap perubahan.

buku wajib

The Magic of Thinking Big (by David J. Schwartz)

Buku ini menjadi salah satu buku klasik dan banyak dipakai dalam seminar tentang pengembangan diri. Karena ia mengajarkan bagaimana cara berpikir manusia. Cara berpikir yang salah menyebabkan tindakan yang diambil salah dan akhirnya hasil akhirnya juga salah. Dengan demikian, kita dengan enaknya membuat berbagai macam “Alasan”. Namun, Schwartz juga mengajarkan bagaimana caranya untuk menyembuhkan penyakit “Alasan” ini.

buku wajib

The 80/20 Principle: The Secret of Achieving More With Less (by Richard Koch)

Secara singkat : 80 % Hasil berasal dari 20 % Usaha. Wow! Bagaimana caranya? Sebenarnya prinsip ini sudah lama dikenal dalam dunia bisnis, namun sangat sedikit yang benar-benar mempraktekkan-nya. Poinnya adalah : bila diterapkan dalam dunia bisnis, maka produktivitas dan pendapatan akan naik. Dan bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka kebahagiaan dan kepuasan yang akan diraih, dengan hanya 20 % dari waktu kita!

buku wajib

Life Is What You Make It: Find Your Own Path to Fulfillment (by Peter Buffett)

Dari namanya saja, kita sudah bisa menebaknya. Benar. Ia adalah putra termuda dari investor legendaris Warren Buffett. Ini adalah poin pertama. Belum cukup tertarik? Poin kedua,  sejak diterbitkan pada 2010, buku ini sudah mendapat pujian dari berbagai tokoh ternama. Sebut saja : Ted Turner, mantan presiden Amerika Serikat Bill Clinton, Bill Gates dan istri Melinda Gates, aktivis Gloria Steinem, dan masih banyak lagi.

buku wajib

Call Me Ted (by Ted Turner)

Siapa yang tidak kenal Ted Turner? Pengusaha besar dan raja media dari Amerika Serikat. Ia adalah pendiri CNN dan TBS, juga seorang philanthropist. Buku ini adalah buku autobiografi yang ia tulis dengan bantuan dari Bill Burke. Secara mengejutkan, ia dengan jujur menceritakan kehidupan pribadinya (termasuk pernikahan 10 tahun-nya dengan aktris legendaris Jane Fonda) dan yang terpenting : menceritakan transaksi-transaksi bisnis yang ia lakukan, dan bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut.

buku wajib

Jadi itulah 7 buku wajib yang bisa memberikan inspirasi dan motivasi kita untuk menjadi sukses. Apakah buku wajib diatas tersebut sudah ada yang kalian baca? Ingat, menjadi sukses bukan berarti hanya membaca, tapi juga melakukan aksi! So grab the book and start doing action for your life. 🙂

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x