Personal

Berteman Dengan Si Bos? Kenapa Tidak?

Berteman dengan bos. Credit Photo: Irishtimes.com

Sayaajarkan – Menjalin hubungan antar sesama rekan kerja itu merupakan sebuah keharusan, tidak terkecuali dengan si Bos. Hal ini akan mempermudah kita untuk berkoordinasi dalam pekerjaan. Ada banyak juga yang menjalin hubungan lebih dari sekedar rekan kerja dengan Bos.

Dari hubungan kerja, kemudian lanjut menjadi pertemanan, hubungan antara atasan dan bawahan seringkali menjadi hal yang rumit dalam beberapa situasi. Terkadang komunikasi jadi bisa sangat lancar, tetapi kadang pertemanan itu membuat segala sesuatu menjadi subjektif. Akan sulit akhirnya jika hal yang kedualah yang terjadi.

Berikut adalah beberapa tips untuk situasi pertemanan dengan si Bos yang mungkin dapat membantu kita menjaga lingkungan kerja:

Jika Kita Sudah Berteman Sebelum Kita Menjadi Bawahannya

Banyak dari kita yang sudah berteman dengan Bos jauh sebelum kita bekerja dengan dia. Dengan situasi seperti ini, kita harus tahu dan sadar saat dimana menjadi seorang teman dan saat menjadi seorang bawahan atau karyawannya.

Taruhlah hormat pada saat di kantor. Ia pasti akan sangat menghargai ini dan pertemanan kita bisa jadi lebih baik kedepannya.

Jangan Bergossip Tentang Karyawan Lainnya Dengan Bos Kita

Bukan sesuatu yang baik jika hubungan pertemanan dengan boss kita mempengaruhi penilaian kita tentang karyawan yang lain. Hal ini karena kita tidak hanya berteman dengan bos saja kita tetapi juga dengan karyawan yang lainnya.

Kita harus sadar juga jikalau ia memanfaatkan kita untuk mencari tahu kekurangan karyawan lainnya dan melaporkannya. Jika sudah mengarah ke situasi seperti itu lebih baik kita diam atau berkata kalau itu bukan tempat kita untuk menilai atau ganti topik pembicaraan lainnya.

Tips berteman dengan Bos

Ingat, ada perbedaan antara berteman dengan dan dimanfaatkan bos. Credit Photo: Irishtimes.com

Jadilah Profesional

Jangan terlalu sering mengahabiskan waktu bareng di luar jam kantor atau acara lain di luar kepentingan kantor. Kita cukup menghindari aktifitas yang membuat orang lain berpikir tidak professional.

Jangan Sering Mengeluh Terkait Pekerjaan

You have a great boss whom you’re friend with, so how bad can your job really be? So keep complaining to a minimum. Karena complain sangat tidak prosfesional, tetapi juga akan terlihat sangat tidak bersyukur mendapatkan pekerjaan. Jika ada isu yang serius yang harus didiskusikan, jangan di diskusikan diluar, tapi diskusikan saat jam kerja.

Minta Untuk Diperlakukan Sama Dengan Karyawan Lainnya

Untuk menjaga sikap yang profesional, mintalah ia untuk memperlakukan kita layaknya karyawan lain. Dengan sikap dan tanggung jawab kita dalam pekerjaan akan membuat bos kita dan yang lain melihat kapasitas kita secara positif.

Tips berteman dengan Bos

Meski berteman dengan bos, jangan minta anda diistimewakan, tetaplah jadi sosok yang profesional. Credit Photo: The Secret Life of Walter Mitty

Jadi kesimpulannya, berteman dengan bos itu adalah sebuah bonus guys. Gimana menurut kalian? Coba comment di bawah ya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x