Family

Inilah 6 Ciri Bayi Cerdas

Ciri-ciri bayi cerdas

Sayaajarkan – Semua orangtua normal pada umumnya pasti mendambakan memiliki bayi cerdas.

Kecerdasan pada bayi tergantung dari faktor genetik dan kualitas perawatan yang orang tua berikan kepada buah hati. Pengetahuan tentang merawat bayi sangat diperlukan supaya menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Seperti dirangkum dari Popmama, Nakita, dan Asianparent, berikut ini ciri-ciri yang bayi cerdas yang harus orangtua ketahui.

Ciri-ciri Bayi yang Cerdas

Mencapai tahapan tumbuh kembang lebih awal

Bayi cerdas ditandai dengan tumbuh kembang cepat dibanding bayi-bayi lain yang seumuran. Misalkan bayi anda lebih cepat merangkak, berjalan, tersenyum dan menggenggam.

Fokus yang baik

Bayi nomal biasanya memiliki rentang perhatian yang pendek. Mereka hanya akan berfokus pada mainan tertentu beberapa menit saja lalu beralih ke mainan yang lain.

Tetapi bayi yang memiliki kecerdasan lebih, memiliki fokus yang lebih lama. Misalkan jika diberikan mainan atau tontonan video khusus bayi, dia akan fokus lebih lama karena rasa ingin tahunya yang kompleks. Perhatian mata akan tajam dan kadang mengekspresikan diri pada hal yang ia tonton.

Memperhatikan pertumbuhan bayi dengan baik bisa membantu kecerdasannya. Credit photo: Mama Natural
Memperhatikan pertumbuhan bayi dengan baik bisa membantu kecerdasannya. Credit photo: Mama Natural

Masalah tidur

Masalah susah ditidurkan pada bayi mungkin bukan hanya karena ketidaknyamanan tubuhnya atau lingkungan. Bisa jadi kerena si bayi memiliki tingkat energi yang lebih tinggi. Hal ini adalah tanda bayi memiliki kecerdasan lebih tinggi dibanding teman-teman seusianya. Sebagai orangtua, sebaiknya kita mengerti apa yang dibutuhkan oleh bayi.

Menikmati kesendirian

Ada bayi yang lebih memilih fokus dengan mainannya dibanding bermain dengan bayi lain. Hal ini bisa menjadi tanda si bayi tergolong cerdas. Rasa ingin tahu yang kompleks membuat bayi memilih berinteraksi dengan mainan daripada bermain dengan temannya.

Ingatlah untuk tidak memaksa bayi untuk bermain dengan bayi lain jika mereka tidak suka. Tetapi pada saat yang sama, orangtua dapat mendorong si kecil untuk bermain bersama teman-temannya, sehingga pengembangan keterampilan sosial tidak diabaikan.

Penasaran

Bayi yang cerdas memiliki tingkah yang lucu dan tak disangka-sangka. Misalnya memelototi orang yang jarang dia lihat saat berkunjung ke rumah, atau mungkin pandangannya yang terus-menerus pada hewan seolah-olah dia sangat antusias. Hal ini menunjukkan otaknya sedang berkembang dan mengidentifikasi sesuatu.

Daya ingat kuat

Tanda bayi cerdas lainnya adalah mudah mengenali suara dan wajah orang-orang di sekitarnya, terutama yang sudah berkali-kali dia temui. Dia juga kadang paham jika mainannya disentuh oleh orang lain.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top