Family

Anak Mudah Marah dan Tersinggung? Waspada Kondisi Ini

Anak dengan ODD. Dok/ThinkstockPhotos

Sayaajarkan – ODD (Oppositional Defiant Disorder) adalah kondisi ketika seorang anak mempunyai suasana hati yang buruk, mudah marah atau mudah tersinggung.

Tak hanya itu, anak juga cenderung kerap terpicu untuk berperilaku menantang atau argumentatif, dan balas dendam terhadap orang-orang yang berkuasa. Kalau tak tertangani, ini akan semakin menjadi-jadi dan cenderung mengganggu kehidupan sosialnya nanti.

Untuk saat ini, banyak orang tua yang belum kenal dengan gejala kemarahan seperti ini. Beberapa dari mereka bahkan menganggapnya sebagai fase pertumbuhan. Tapi mari kita kenali ODD dan bagaimana pengobatannya. Sini saya ajarkan.

Penyebab ODD

Penyebab ODD atau gangguan perilaku menentang tidak diketahui, namun kemungkinan melibatkan kombinasi faktor genetik dan lingkungan, seperti masalah pengasuhan yang mungkin melibatkan kurangnya pengawasan, disiplin yang tidak konsisten atau keras, pelecehan atau penelantaran.

Gejala umumnya biasanya bermula sebelum anak berusia delapan tahun, yang berupa suasana hati mudah marah, dan seringkali berdebat dengan orang dewasa atau orang yang berwenang,

Ia juga sering secara aktif menentang atau menolak untuk mematuhi permintaan atau aturan orang dewasa, sengaja mengganggu orang, dan menyalahkan orang lain atas kesalahan yang ia lakukan.

Cara pencegahan ODD pada anak

Cara penyembuhan atau pencegahan ODD adalah melalui terapi keluarga atau orang terdekat dan tepercaya, dengan membangun rasa positif dan instruksi yang jelas.

Jangan lupa juga untuk memberikan pujian jika anak sudah melakukan sesuatu dengan benar. Jika anak melakukan sesuatu yang salah, orang tua bisa menegurnya dan memberinya alasan.

Pada akhirnya, kesabaran dan pemakluman kita sebagai orang tua sangat penting untuk bisa menghadapi indikasi gejala ODD. Ketika menegur, hindari memberi amarah berlebih, yang takutnya akan memancing kondisi yang lebih serius pada anak.

Berikan contoh bagaimana kita bisa bersikap tenang saat menghadapi sesuatu, baik itu ketika menghadapi masalah, atau saat kita kecewa dengan suatu hal. Sikap kita akan menjadi contoh yang memiliki pengaruh kuat, pada mereka.

Jika anak menunjukkan gejala ODD dan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera menemui dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.**(Feb)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
RajaBackLink.com
x